Salim, Moh Nur (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH NURUL HASAN KEDUNGMULYO BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
AWALAN.pdf
Download (383kB)
BAB I.pdf
Download (289kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (539kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (130kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB) | Request a copy
Abstract
adalah pendidikan membaca Al-Qur’an. Sebagai langkah awal adalah meletakkan dasar agama yang kuat pada anak sebagai persiapan untuk mengarungi hidup dan kehidupannya kelak. Berbijak dari problem tersebut, para pengajar Al-Qur’an harus mencari jalan keluar atau pemacahannya. Salah satunya adalah menggunakan metode-metode yang menarik dan mudah dipahami sehingga anak-anak dan orang tua tertarik untuk belajar dan memasukkan anak-anaknya dilembaga pendidikan al-qur’an. Namun sejauh penulis ketahui bahwa masih perlu adanya peningkatan mutu dari pendidikan Al-Qur’an tersebut. Dari permasalahan tersebut, maka dalam skripsi ini penulis membahas pengaruh penggunaan metode an-Nahdliyah terhadap keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Kedungmulyo Bangilan Tuban.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga hal yaitu bagaimana penerapan metode an-Nahdliyah di Madrasah Diniyah Kedungmulyo Bangilan Tuban, Bagaimana keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Nurul Hasan Kedungmulyo Bangilan Tuban dan bagaimana pengaruh penggunaan metode an-Nahdliyah terhadap keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Kedungmulyo Bangilan Tuban.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode an-Nahdliyah di Madrasah Diniyah Kedungmulyo Bangilan Tuban, mendeskripsikan keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Nurul Hasan Kedungmulyo Bangilan Tuban, mendiskripsikan pengaruh penggunaan metode an-Nahdliyah terhadap keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Kedungmulyo Bangilan Tuban.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan metode analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian yang diuraikan dalam bentuk metode analisis deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari penelitian lapangan dideskripsikan dalam bentuk bilangan statistik. Penggunaan metode tersebut diharapkan dapat mengungkapkan permaslahan yang terjadi sekaligus menjadi tolok ukur dalam penyusunan skripsi ini.
vii
Dari hasil analisis tersebut dapat di ketahui bahwa penggunaan metode an-Nahdliyah Al-Qur'an di Madrasah Diniyah Kedungmulyo Bangilan Tuban sangat membawa pengaruh yang positif bagi anak didiknya dan dapat dikategorikan cukup baik dalam memenuhi tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode an-Nahdliyah dan Pengaruhnya |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 15:03 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 15:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sugeng, Sugeng UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/360 |