PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI ABU DARRIN KENDAL BOJONEGORO

Chomsiyah, Faila (2023) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI ABU DARRIN KENDAL BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Alat evaluasi pembelajaran yang bersifat konvesional menjadi salah satu faktor pemicu akan rendahnya motivasi belajar siswa karena dianggap membosankan oleh siswa, menjadikan kelas tidak kondusif, membutuhkan waktu yang relatif lama untuk melihat hasil kinerja siswa, serta dapat memicu kecurangan dalam proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz merupakan solusi dari permasalahan yang berkaitan dengan proses evaluasi pembelajaran, terutama dalam hal motivasi belajar siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan nilai KKM yang telah ditentukan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan produk, yang menggunakan model desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada penelitian ini memberikan hasil; a) mendapat respon baik dibuktikan dengan angket respon siswa yang disebar peneliti setelah uji coba produk yang memperoleh hasil dari kelompok kecil dengan persentase 85% dengan kategori sangat baik dan pada kelompok besar memperoleh persentase yakni 87% dengan kategori sangat baik pula. b) menjadikan hasil belajar siswa kelas V meningkat terbukti dengan tercapainya nilai KKM yang telah ditentukan, dengan perolehan nilai rata-rata siswa pada kelompok kecil yakni 82 dan pada kelompok besar memperoleh rata-rata 87.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar, Pengembangan Alat Evaluasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Failaa Chomsiyah
Date Deposited: 09 Sep 2023 09:00
Last Modified: 09 Sep 2023 09:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sa’diyah, Zumrotus
NIDN2108089102
Thesis advisor
Fithriyah, Dewi Niswatul
NIDN0721089502
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item
View Item