PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME EDUCATION CARAKA (CARA ASIK BELAJAR AKSARA JAWA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS V SDN MOJOAGUNG KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

Lestari, Dia Ayu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME EDUCATION CARAKA (CARA ASIK BELAJAR AKSARA JAWA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS V SDN MOJOAGUNG KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jawa seringkali mendapat respon negatif siswa. Terlebih dalam materi Aksara Jawa siswa sering kali mengalami kesulitan dan enggan belajar Aksara Jawa. Oleh karena itu dibutuhksn media yang dapat memberikan suasana positif dalam belajar Aksara Jawa. Maka dikembangkanlah media Board Game Education Caraka (Cara Asik Belajar Aksara Jawa) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Board Game Education CARAKA (Cara Asik Belajar Aksara Jawa) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa, Menjelaskan efektifitas media Board Games Education CARAKA (Cara Asik Belajar Aksara Jawa) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap , yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, angket, tes, dokumentasi dan prosedur validasi oleh beberapa ahli bidang media, materi dan bahasa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data dan data kuantitatif menggunakan N-Gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan validasi oleh beberapa penelitian dan telah memenuhi kriteria validitas media dengan presentase 92% (Sangat layak), validasi materi 66% (cukup layak), dan validasi bahasa 84% (sangat layak). Tingkat kemenarikan media diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 86% (sangat layak). Media pembelajaran juga dikatakan efektif berdasarkan rata-rata hasil pretest-posttest serta uji N- gain score kelompok besar dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,70 (cukup efektif) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa menggunakan Media Board Game Education CARAKA.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa,, Kemampuan Membaca dan Menulis, Media Board Game Aksara Jawa,, Kemampuan Membaca dan Menulis, Media Board Game Aksara Jawa, Kemampuan Membaca dan Menulis, Media Board Game
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 499 Bahasa-bahasa Austronesia dan lainnya (Perpustakaan Nasional RI, 2013) > 499.222 Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email 201955012600311@unugiri.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:51
Last Modified: 11 Sep 2023 05:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Yulia, Nurul Mahruzah
NIDN07220795501
Thesis advisor
Rofi'ah, Firda Zakiyatur
NIDN2106089303
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3531

Actions (login required)

View Item
View Item