Lestari, Dia Ayu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME EDUCATION CARAKA (CARA ASIK BELAJAR AKSARA JAWA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS V SDN MOJOAGUNG KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (271kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (662kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (904kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (928kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (385kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (600kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Bahasa Jawa seringkali mendapat respon negatif siswa. Terlebih dalam materi Aksara Jawa siswa sering kali mengalami kesulitan dan enggan belajar Aksara Jawa. Oleh karena itu dibutuhksn media yang dapat memberikan suasana positif dalam belajar Aksara Jawa. Maka dikembangkanlah media Board Game Education Caraka (Cara Asik Belajar Aksara Jawa) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Board Game Education CARAKA (Cara Asik Belajar Aksara Jawa) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa, Menjelaskan efektifitas media Board Games Education CARAKA (Cara Asik Belajar Aksara Jawa) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap , yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, angket, tes, dokumentasi dan prosedur validasi oleh beberapa ahli bidang media, materi dan bahasa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data dan data kuantitatif menggunakan N-Gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan validasi oleh beberapa penelitian dan telah memenuhi kriteria validitas media dengan presentase 92% (Sangat layak), validasi materi 66% (cukup layak), dan validasi bahasa 84% (sangat layak). Tingkat kemenarikan media diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 86% (sangat layak). Media pembelajaran juga dikatakan efektif berdasarkan rata-rata hasil pretest-posttest serta uji N- gain score kelompok besar dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,70 (cukup efektif) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa menggunakan Media Board Game Education CARAKA.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aksara Jawa,, Kemampuan Membaca dan Menulis, Media Board Game Aksara Jawa,, Kemampuan Membaca dan Menulis, Media Board Game Aksara Jawa, Kemampuan Membaca dan Menulis, Media Board Game |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 499 Bahasa-bahasa Austronesia dan lainnya (Perpustakaan Nasional RI, 2013) > 499.222 Bahasa Jawa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email 201955012600311@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 05:51 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 05:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Yulia, Nurul Mahruzah NIDN07220795501 Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3531 |