Muallifah, Siti (2023) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI BAZAR KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI INTERNALISASI NILAI-NILAI MUAMALAH DI SMA NEGERI 1 SENORI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (94kB)
Awalan.pdf
Download (827kB)
BAB I.pdf
Download (461kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (802kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (263kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (394kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya kesadaran intensi berwirausaha pada peserta didik dan fenomena perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan di indonesia, serta untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai muamalah dalam kegiatan bazar kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui strategi awal perencanaan, bentuk implementasi dan evaluasi yang ditempuh oleh sekolah dalam penguatan profil pelajar Pancasila berbasis proyek melalui kegiatan bazar kewirausahaan, serta internalisasi nilai-nilai muamalah dalam kegiatan proyek P5 bazar kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reserch). Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif berkarakter deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu tim koordinator P5, dan waka kurikulum SMA Negeri 1 Senori. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti paparkan dapat disimpulkan bahwa orientasi kurikulum merdeka ada beberapa tahapan: (1) Strategi awal perencanaan P5 dalam penelitian ini meliputi: a) indentifikasi kesiapan sekolah, b) mengidentifikasi tema yang ditentukan kemendikbud, c) menentukan tema yang lebih spesifik, d) alokasi waktu, e) menyusun modul proyek f) sub elemen dan assesmen . (2) Bentuk implementasi dalam penelitian ini ada beberapa tahapan yaitu, a) Pengenalan (fell), b) Kontekstual, c) Aksi (Do), d) Evaluasi. (3) Internalisasi nilai-nilai muamalah dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila melalui bazar kewirausahaan ialah terdapat transaksi jual beli , pinjam meminjam serta nilai muamalah bentuk akhlaq / perilaku seperti jujur, amanah, sabar, bekerjasama dan tidak melakukan penimbunan yang dilarang oleh syari'at
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proyek penguatan profil pelajar Pancasila, kewirausahaan, muamalah, bazar kewirausahaan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SITI MUALLIFAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 07:23 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 07:23 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Anisah, Giati NIDN2104079104 UNSPECIFIED Khoiriyah, Siti NIDN0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3519 |