SEPTIANING, EKA MAYA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA GAME X-MATH BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (125kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (647kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (546kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (13MB)
Abstract
Turunnya minat belajar matematika peserta didik yang disebabkan kurang bervariasinya media ajar yang digunakan dalam pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran cenderung monoton dan membosankan. Tentu saja hal ini dapat berdampak pada perkembangan dan hasil belajar peserta didik. Permasalahan ini sering terjadi, salah satunya pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bojonegoro, bilamana masih ditemukan pendidik yang hanya terfokus pada buku saat melakukan pembelajaran matematika, selain itu dalam penyampaian materi khususnya koordinat kartesius bahan ajar yang digunakan hanya papan tulis. Tentu saja penggunaan media tersebut menjadi kurang valid dan praktis jika diimplementasikan dalam pembelajaran secara terus menerus. Kurang bervariasinya media ajar ini disebabkan karena pendidik yang belum maksimal dalam memanfaatkan perkembangan IPTEK, sarana dan prasarana sekolah untuk mengembangkan media secara mandiri yang tentu dapat mendukung pembaruan dalam dunia pendidikan. Sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran berupa game matematika berbasis PowerPoint pada materi koordinat kartesius yang dapat membantu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan pada peserta didik. Media pembelajaran terdiri atas slide halaman awal, profil developer, informasi media, menu utama, materi, pilihan game matematika dan 4 game matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan 7 dari 10 tahapan prosedur pengembangan model Borg and Gall dalam Sugiyono (2019). Berdasarkan penelitian pengembangan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata dari hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media yaitu 93,3 % termasuk dalam kriteria validitas dengan tingkat validitas yaitu sangat valid, atau dapat digunakan tanpa revisi, sehingga media dapat dikatakan sangat valid untuk diujicobakan. Sedangkan dari hasil uji coba lapangan yang sebelumnya telah dilakukan uji coba produk sampel terbatas dan telah dilakukan revisi produk hingga diperoleh nilai rata-rata dari pendidik dan 27 peserta didik kelas VIII G dan H yaitu 83,3 % termasuk dalam kriteria praktis dengan tingkat praktikalitas yaitu cukup praktis, atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil, sehingga media dapat dikatakan cukup praktis digunakan dalam pembelajaran. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa media game X-MATH berbasis PowerPoint pada pembelajaran koordinat kartesius kelas VIII ini sangat valid dan cukup praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Game, PowerPoint, Koordinat Kartesius |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eka Maya Septianing |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 08:52 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 08:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FATHONI, M. IVAN ARIFUL NIDN0705019103 Thesis advisor FITRI, ANISA NIDN0719049202 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3455 |