Nasikhin, Khoirun (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KITAB WASHIYAH AL MUSHTAFA DI PONDOK PESANTREN ABU DZARRIN AL RIDLWAN SUMBERTLASEH DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (286kB)
awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (733kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (939kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (945kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (451kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (584kB)
Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pondok Pesantren Abu Dzarrin Al Ridlwan Sumbertlaseh Dander Bojonegoro terdapat upaya dalam merealisasikan akhlak mulia terhadap santri-santrinya melalui penanaman nilai-nilai akhlak berdasarkan beberapa kitab, salah satunya adalah kitab Washiyah Al Mushtafā melalui kegiatan pembelajaran selama pondok. Maka dari itu, pihak pondok pesantren sendiri memiliki cara atau metode dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada santri-santri mereka, salah satunya dengan menggunakan media kitab Washiyah Al Mushtafā. Karena itulah peneliti merasa tertarik untuk mengkaji hal tersebut ke dalam bentuk penelitian ilmiah guna mengenai bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Washiyah Al Mushtafā terhadap para santri di pondok tersebut.
Penelitian ini bisa dianggap sebagai penelitian lapangan (field research) maupun penelitian kepustakaan (library research) dimana pendekatan yang dilakukan secara kualitatif. Informan penelitian terdiri atas pengasuh, pengajar, dan beberapa santri. teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model analisis mengalir. Jenis penelitian. Jumlah informan. Teknik pengumpulan data. Teknik analisis.
Hasil penelitian ini antara lain 1) Dalam kitab Washiyah Al Mushtafā terdapat 16 macam nilai pendidikan akhlak yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu akhlak terpuji dan akhlak tercela. Pendidikan akhlak meliputi wudhu, sholat duha dan sholat berjamaah, puasa di bulan ramadhan, sholat, istighfar dan tajwid, dzikir, tirakat, sedekah dan memperbanyak berkah, memahami hal halal dan haram serta meneguhkan kejujuran dan silaturahmi, melakukan kebaikan, memelihara lisan, malu, dan mengamalkan 'amal ma’ruf nahi munkar. Sementara nilai pendidikan akhlak yang tercela yang harus dihindari oleh para santri, antara lain syirik, ghibah dan dunia hina, 2) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Washiyah Al Mushtafā di pondok pesantren Abu Dzarrin Al Ridlwan Sumbertlaseh Dander Bojonegoro berlangsung melalui metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab serta praktik langsungnya dalam kehidupan sehari-hari di pondok pesantren, dengan tujuan agar nilai-nilai pendidikan akhlak yang diberikan oleh santri agar dapat membentuk akhlakul karimah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Wasyiyah Al Mushtafa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khoirun Nasikhin |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:05 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sholahuddin, Moh. Agus NIDN0710089104 Thesis advisor Muhammad, Alaika Abdi NIDN07019019301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3430 |