HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN IBADAH SHALAT SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASY-SYAFI’IYAH BANJARWORO BANGILAN TUBAN

FAIZAH, NUR (2014) HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN IBADAH SHALAT SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASY-SYAFI’IYAH BANJARWORO BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Ibadah adalahsegala bentuk ketaatan yang dikerjakan untuk mencapai keridhaan Allah SWT dan mengharapkan pahala-Nya di akhirat.Pada zaman sekarang banyak siswa yang ibadah shalatnya hanya di sekolah saja, sementara kalau di rumah atau sedang bermain, mereka lupa atau tidak memperhatikan shalatnya. Oleh karena itu peran guru sangat dibutuhkan untuk membentuk keterampilan dan pembinaan sikap, serta menuntut siswa agar rajin shalatnya.Hal ini karena shalat dapat melatih kedisiplinan; jika shalatnya rajin diharapkan ia disiplin belajar, sikap dan perilakunyapun akan baik, kalau siswa sudah disiplin belajar biasanya prestasinya akan lebik baik daripada siswa yang tidak disiplin.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengamalan ibadah shalat siswa di MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban, (2) Bagaimana prestasi belajar fiqih di MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban, dan (3) Adakah hubungan antara pengamalan ibadah shalat siswa dengan prestasi belajar fiqih di MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengamalan ibadah shalat siswa di MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban, (2) mengetahui prestasi belajar fiqih di MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban, dan (3) mengetahui hubungan antara pengamalan ibadah shalat siswa dengan prestasi belajar fiqih di MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban.
Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan uji analisis statistik korelasional Product Moment,dari sampel sebanyak 23 siswa kelas III MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban.Sedangkan variabel terdiri dari satu variabel bebas, yaitu pengamalan ibadah shalat siswa dan satu variabel terikat yaitu, prestasi belajar fiqih.Adapun data pengamalan ibadah shalat siswa MI Asy-Syfi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban,diperoleh dari penyebaran angket dengan bentuk tertutup.Sedangkan data prestasi belajar fiqih diperoleh dari rata-rata raport semester genap.
Diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan antara pengamalan ibadah shalat siswa dengan prestasi belajar fiqih di MI Asy-Syafi’iyah Banjarworo Bangilan Tuban. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperolehnya hasil perhitungan
vi
lebih besar dari taraf signifikansi 1 % untuk N sebanyak 23 siswa, yakni 0,895 >0,526, maupun taraf signifikansi 5 % untuk N sebanyak 23 siswa, yakni 0,895 > 0,413.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengamalan Ibadah Shalat, Prestasi Belajar fiqih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Dec 2021 06:23
Last Modified: 12 Dec 2021 06:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Azizah, Imroatul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item