PENGARUH METODE RESITASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NASHIRUL UMMAH LERAN SENORI TUBAN

MUKHLISIN, MUKHLISIN (2014) PENGARUH METODE RESITASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NASHIRUL UMMAH LERAN SENORI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar terkandung variable pokok yang berupa kegiatan guru mengajar dan kegiatan murid belajar. Yang perlu diperhatikan dalam operasional PBM adalah terdapat komponen-komponen pembelajaran sebagai pendukung tercapainya tujuan.Komponen tersebut adalah tujuan, metode, bahan/materi, guru, siswa, media danevaluasi. Bahan merupakan alat untuk mecapaitujuan, maka metode adalah cara untuk mewujudkan tindakan belajar mengajar. Dalam pembelajaran Fiqih pengambilan metode dan pengoperasionalannya adalah merupakan hal yang sangat penting, mengingat mata pelajaran Fiqih yang begitu komplek, sedangkan waktu yang diberikan sangat sedikit sekali.Maka pengambilan metode resitas imerupakan sebuah alternatif.
Metode pemberian tugas belajar (resitasi), adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar murid melakukan kegiatan belajar, kemudian harus dipertanggung jawabkannya.
Beberapa ahli telah mengemukakan pengertian hasil belajar, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru setiap selesai memberikan materi pembelajaran pada satu pokok bahasan, sehingga keaktifan belajar merupakan hal yang sangat penting dalam upaya mengadakan perubahan hasil belajar.
Dalam penerapannya metode resitasi di MI Nashirul Ummah Leran Senori Tuban melalui dua tahap.Tahap pertama yaitu tahap langsung, yaitu siswa diberitugas langsung didalam jam matapelajarandandiselesaikanpadasaatitujuga. Tahapkeduayaitutahaptidaklangsung, siswadiberikantugasbelajardiluar jam pelajarandalamartiantugasdibawapulangdandikerjakan di rumaholehsiswa.
.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI NashirulUmmahLeranSenoriTuban. Pada tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 115 orang. Karena termasuk kategori subyek jumlah besar maka diambil sampel. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pelaksanaan penelitian. Intrument penelitian Kuesioner (angket), Interview, Observasi, Dokumentasi. teknik analisa data menggunakan Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode resitasi dengan taraf signifikasi cukup dalam meningkatkan hasil belajar siswa MI NashirulUmmah Senori Tuban. Terbukti dengan r kerja 0,7604 berada pada rentang antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Dec 2021 06:18
Last Modified: 12 Dec 2021 06:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rozaq, ABD
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item