NISA', ARINATUN (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QARIB DALAM PRAKTIK IBADAH SHALAT SISWA MTS RIYADLUT TAHFIZH AL-QUR'AN LERAN, KALITIDU, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (133kB)
AWALAN.pdf
Download (822kB)
BAB I.pdf
Download (475kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (368kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (311kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (274kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Kitab Fath}ul Qari<b memiliki konstribusi pengalaman rill pada aspek spiritual dari praktek ibadah dalam Islam. Pembelajaran tersebut memiliki tanggung jawab yang besar sehingga perlu menjadikannya sebagai media strategis dalam penanaman kesadaran peserta didik. Dalam hal ini pembelajaran Fath}ul Qari<b menjadi pembelajaran yang sangat penting sehingga mengarah kepada tujuan yang hendak dicapai dan memberi motivasi kepada peserta didik agar mampu memahami, melaksanakan, dan mengamalkan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah serta mempraktekannya dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian kualitatif memakai analisis data secara induksi sehingga tidak bergantung atas keberadaan teori ataupun hipotesa, karena dalam penelitian kualitatif keduanya berfungsi untuk memenuhi atau menafsirkan data-data yang telah dikategorikan. Analisis data secara induktif disini adalah proses logika yang berangkat dari data empiris lewat observasi menuju kepada teori. Setelah melaksanakan penelitian didapati hasil yakni, guru melakukan pendahuluan, kegiatan inti, serta penutup pada kegiatan pembelajaran. Jadwal pembelajaran Kitab Fath}ul Qari<b dilaksanakan setiap hari rabu dan kamis pukul 08.00 – 09.00. metode yang digunakan adalah metode bandongan, sorogan, tanya jawab, dan diskusi. Untuk hambatan yang terjadi solusinya yaitu guru menekankan pembelajaran Kitab Fath}ul Qari<b dengan praktik dan pembiasaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kitab Fathul Qarib, Praktik Ibadah. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ARINATUN NISA' |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 03:36 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:36 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA'ARIF, M. JAUHARUL NIDN2128097201 Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3408 |