HAMID, ABDUL (2023) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN AHMAD MAISUR DAN UMAR BARADJA). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (822kB)
AWALAN.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (822kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (822kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (822kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Ahmad Maisur Sindi al Thursidi merupakan penulis yang karyanya telah diterbitkan di kalangan tertentu. Dalam salah satu kitabnya, Tanbih al Muta’allim yang memaparkan anjuran untuk menanggulangi krisis akhlak. Selain itu, ada tokoh ulama lainnya yang memiliki karya kitab yang mengulas tentang akhlak, yaitu Syekh Umar bin Ahmad Baraja’. Beliau adalah tokoh ulama’ yang salah satu karyanya mengulas tentang akhlak, yaitu kitab Al-Akhlak Lil Banin. Kedua tokoh ulama tersebut sama-sama menaruh perhatian tinggi terhadap kondisi pendidikan akhlak bangsa. Karena itulah peneliti merasa tertarik untuk mengkaji hal tersebut ke dalam bentuk penelitian ilmiah mengenai bagaimana konsep pemikiran pendidikan akhlak dari kedua tokoh ulama tersebut. Penelitian ini dianggap penelitian kepustakaan (library research) dimana pendekatan yang dilakukan secara kualitatif. sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi terhadap subjek penelitian, yaitu kitab Tanbih Al Muta’alim karya Ahmad Maisur Sindi al-Thursidi dan kitab Akhlaqul Lil Banin karya Umar bin Ahmad Baradja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model analisis mengalir. Hasil penelitian ini antara lain 1) Konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Ahmad Maisur Sindi al Thursidi meliputi akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap ilmu. Sementara itu, konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Umar bin Ahmad Baradja meliputi akhlak terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW, amanah, berbuat baik kepada kedua orang tua (ibu dan bapak), serta guru, bertoleransi, berdisiplin, bertanggung jawab, berbuat baik kepada teman, memiliki sifat dermawan, rendah hati, dan mencintai lingkungan sekitar. 2) Konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Ahmad Maisur Sindi al Thursidi dan Umar bin Ahmad Baradja memiliki kesamaan pada akhlak terhadap Allah SWT, terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap sesama manusia. Sementara perbedaannya adalah terletak pada konsep pendidikan akhlak terhadap ilmu dimana Ahmad Maisur Sindi al Thursidi lebih menekankan anak untuk memiliki adab terhadap ilmu dengan cara membaca, menelaah, dan mengamalkannya. Lain halnya dengan Umar bin Ahmad Baradja yang lebih menjabarkan secara luas perihal pendidikan akhlak terhadap sesama manusia dimana anak harus bersikap sopan santun terhadap sesama
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep, pendidikan akhlak, Ahmad Maisur, Umar Baradja |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 649 Pengasuhan anak; perawatan di rumah bagi para penyandang cacat dan penyakit > 649.7 Moral and Character Training/Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ABDUL HAMID |
Date Deposited: | 10 Sep 2023 09:31 |
Last Modified: | 10 Sep 2023 09:31 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rahmawati, Ulfa Badi’ NIDN2108088801 Thesis advisor Choiri, Moh. Miftahul NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3391 |