Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada Q.S Al-Hujurat Ayat 6 dan Relevansinyha Dalam Etika Bermedia Sosial Di Era Generasi Alpha (Kajian Tafsir Fi Zhilaalil Qur'an Karya Sayyid Qutb)

Aini, Ela Nur (2023) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada Q.S Al-Hujurat Ayat 6 dan Relevansinyha Dalam Etika Bermedia Sosial Di Era Generasi Alpha (Kajian Tafsir Fi Zhilaalil Qur'an Karya Sayyid Qutb). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Etika bermedia sosial merupakan tindakan seseorang di media sosial yang tentunya mempertimbangkan nilai buruk dan baiknya. Seseorang yang beretika dalam menggunakan media sosial mencerminkan nilai-nilai yang baik di Masyarakat. namun pada saat ini banyak sekali dari Masyarakat maupun generasi�generasi muda yang telah mengabaikan aturan atau etika yang baik dalam penggunaan media sosial, Sebagian orang menggunakan media sosial hanya untuk menyebarkan informasi tanpa adanya penelitian terlebih dahulu, serta media sosial dijadikan sebagai ajang popularitas, ghibah, dan sejenisnya. Tujuan penelitian dalam skripsi ini mencakup dua hal yaitu: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam Q.S Al-Hujurat ayat 6 menurut penafsiran Sayyid Qutb. 2) Mendeskripsikan relevansi surah al-Hujurat ayat 6 dengan etika bermedia sosial di era generasi alpha. Jenis penelitian ini adalah library research dengan jenis penelitian kualitatif. Library research adalah jenis penelitian yang mengumpulkan data-data melalui bacaan, kitab-kitab tafsir, dan literatur-literatur yang ada relevansinya dengan judul penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (Analysis Content) yang berupa catatan-catatan atau dokumen-dokumen sebagai sumber data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan dalam surah al-Hujurat ayat 6 menurut penafsiran Sayyid Qutb yaitu bahwa Allah memperingatkan kepada umat Islam untuk berhati-hati dalam menerima berita atau informasi yang dibawa oleh orang fasiq, yaitu dengan senatiasa melakukan cross-check, menanamkan sikap sosial terhadap sesame dengan menjaga kemaslahatan bersama dengan tidak menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya, menanamkan adab yang baik dalam kehidupan nyata maupun dalam media sosial, dan menanamkan sikap jujur. 2) Relevansi antara nilai-nilai pendidikan dalam surah Al-Hujurat ayat 6 dengan etika bermedia sosial pada generasi alpha adalah bahwa di antara keduanya memiliki adanya kaitan atau kerelevansian yaitu nilai-nilai pendidikan pada surah al-Hujurat ayat 6 sangat sesuai dengan etika yang harus diterapkan dalam bermedia sosial sesuai UU ITE Pasal 27-30 No. 11 Tahun 2008.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Hujurat, Etika Bermedia Sosial, Sayyid Qutb.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ela Nur Aini
Date Deposited: 09 Sep 2023 01:52
Last Modified: 09 Sep 2023 01:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
NIDN2124028403
Thesis advisor
Azmi, Ahmad Rifqi
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3385

Actions (login required)

View Item
View Item