PENGARUH PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MUSTHOFAWIYAH NGURUAN SOKO TUBAN

MASRORI, MASRORI (2014) PENGARUH PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MUSTHOFAWIYAH NGURUAN SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Dalam proses belajar banyak cara pendidik yang di lakukan untuk menerapkan pendidikan karakter agar siswa siswinya berakhlak terpuji atau berkarakter baik. Salah satunya dengan adanya pelajaran Al-Qur’an Hadist di sekolah. Pelajaran Al-Qur’an Hadist adalah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah Musthofawiyah yang dimaksud untuk motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan, pengahayatan serta mengamalkan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an Hadist sehingga dapat di wujudkan atau di aplikasikan dalam perilaku sehari-hari sebagai manifestasi iman dan taqwa kepada Allah SWT.
Perumusan masalah dalam peneliti ini adalah bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadist ini adalah bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadist, bagaimana pembelajaran karakter dan adakah pengaruh pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap pembinaan karakter siswa kelas X di MA Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Observasi, Interview, Dokumentasi, Metode Angket. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, kemudian setelah itu hasil dari nilai pelajaran Al-Qur’an hadist dan hasil angket karakter tentang pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap penelitian karakter siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Koefisien Poduct Moment. Hasil ini dapat mengetahui tingkat korelasi kedua variable tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengaruh pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap pembinaan karakter siswa kelas X di MA Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban memiliki kategori yang baik. Hal ini tervukti dari hasil nilai pelajaran Al-Qur’an Hadist dan pengisian Angket karakter siswa yang dihasilkan dari 35 siswa /responden dengan nilai signifikasn 5% = 0,334 dan 1% = 0,430, dan hasil dari rumusan product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,621

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Al-Qur’an Hadist, Pembinaan Karakter Siswa.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Dec 2021 02:59
Last Modified: 12 Dec 2021 02:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAs
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item