Faizah, Elok Zulfatul (2023) RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL AL GHAZALI DALAM SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: STUDI PUSTAKA KITAB BIDAYATUL HIDAYAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (358kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (394kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (651kB) | Request a copy
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB) | Request a copy
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (757kB) | Request a copy
Bab V.pdf
Download (39kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (292kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk pribadi manusia. Pada dasarnya secara umum ajaran agama Islam mengajarkan agar manusia mensucikan dan membersihkan jiwanya. Pada zaman modern seperti sekarang ini manusia banyak menghadapi berbagai problem kejiwaan yang serius akibat berkurang nya pendidikan spiritualitas. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memperhatikan konsep pendidikan spiritual agar dapat membentuk spiritual yang baik pada generasi masa kini serta dapat mengatasi krisis moral yang terjadi. Pendidikan spiritualitas ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia untuk menjadikan manusia yang utuh dan baik dipandangan Allah ataupun pandangan manusia lain. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana konsep pendidikan spiritual Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah? (2). Bagaimana relevansi konsep Pendidikan spiritual Al Ghazali dalam sisitem Pendidikan islam di Indonesia?. Penelitian ini mengunakan metode Library Research dengan pendekatan Kualitatif. Sumber data primer berasal dari kitab Bidayatul Hidayah, dan data sekunder berasal dari berbagai tulisan yang berkaitan dengan konsep Pendidikan Spiritual Kitab Bidayatul Hidayah dan Pendidikan Spiritual Masa Kini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan Content Analysis. Berdarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: Konsep Pendidikan spiritual Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah: 1. Berserah diri epada Allah dengan Bertauhid yaitu percaya kepada Allah dan utusanya serta Berdo’a. 2. Taat dan patuh kepada Allah yaitu dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganya. 3. Beribadah yaitu ibadah mahdzah (shoat,puasa) dan ghoiru mahdzah (menuntut ilmu,menjaga adab dalam beribadah). 4. Berakhlak yaitu akhlak kepada tuhan dan akhlak kepada sesama makhluk. Konsep pendidikan spiritual dalam kitab Bidayatul Hidayah dapat disimpulkan sangat relevan dengan sistem Pendidikan Islam di Indonesia yang lebih menekankan sikap spiritual dalam pembelajaran, contohnya dalam kurikulum saat ini atau Kompetensi Inti yang menekankan sikap spiritual dalam pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan spiritual dalam kitab Bidayatul Hidayah, karena pendidikan spiritual merupakan salah satu bentuk dari pendidikan jiwa yang sufi dan hati yang selalu dekat dengan tuhanya, dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dalam situasi apapun
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan spiritual, imam Al Ghazali, Bidayatul Hidayah |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ELOK ZULFATUL FAIZAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 08:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 08:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su'udin NIDN2121128602 Thesis advisor Rozi, Fahru NIDN2125048401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3364 |