TAMAM, M. BADRUT (2023) INTERNALISASI NILAI TASAMUH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA SISWA MTS MAMBAUL ULUM WADANG, NGASEM, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (240kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (859kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (910kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (649kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (725kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (416kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (628kB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana cara guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan moderasi beragama siswa yang mana indikatornya penanaman nilai tasamuh, sikap anti kekerasan, dan sikap multikultural. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetehui cara guru internalisasikan nilai tasamuh pada mata pelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan moderasi beragama siwa MTs Mambaul Ulum Wadang, Ngasem, Bojonegoro dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (deskriptif) dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak, kepala sekolah, guru mata pelajaran yang lain, dan juga siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas berupa perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara memperoleh hasil bahwa dalam usahanya untuk mengembangkan sikap moderasi beragama yang terdiri dari penanaman nilai tasamuh, sikap anti kekerasan dan sikap multikultural dapat ditumbuhkan dengan menggunakan metode nasihat, metode keteladan, metode pembiasaan serta metode pengawasan. Untuk faktor pendukung dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama ialah kerjasama antara orang tua dan guru, kerja sama antara guru mata pelajaran akidah akhlak dengan guru mata pelajaran yang lain, dan dukungan serta motivasi dari kepala sekolah. Faktor penghambat dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama yaitu faktor lingkungan dan media sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak, Moderasi Beragama, Nilai Tasamuh |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Badrut Tamam |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 07:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 07:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA'ARIF, KM. JAUHARUL NIDN2128097201 Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3331 |