Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban

Heridiyanto, Heridiyanto (2014) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku dalam perkembangan anak didik, termasuk didalamnya prestasi belajar. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam keluarga, misalnya : pertengkaran, kesenangan, keharmonisan dan percekcokan. Dan macam-macam faktor lain seperti : latar belakang orang tua, perlakuan orang tua, kedudukan orang tua, status anak, besar kecilnya keluarga, dan ekonomi keluarga. Kejadian-kejadian yang terjadi pada keluarga itu merupakan masalah yang sangat besar sekali pengaruhnya terhadap belajar anak, sehingga kecil kemungkinan anka dapat memperoleh prestasi yang baik.
Berpijak pada permasalahan diatas penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah lingkungan keluarga anak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban. (2) Bagaimanakah prestasi belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban, dan (3) adakah pengaruh lingkungan keluarga anak terhadap prestasi belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kondisi keluarga anak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban, (2) Mengetahui prestasi belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban, dan (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga anak terhadap prestasi belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif dengan mengambil latar Lingkungan keluaraga anak dan Prestasi belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban Penelitian ini dilakukan terhadap 24 siswa yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban. Setelah penelitian ini dilakukan terhadap 24 siswa, dan data analisis dengan teknik korelasi product moment hasil penelitian berdasarkan hasil analisis, ternyata nilai “r” diperoleh 0,684 dari N = 24, ini lebih besar dari nilai “r” tabel dengan demikian menunjukkan adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar fiqih di Miftahul Huda Desa Demit Jatirogo Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Prestasi belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 11 Dec 2021 23:43
Last Modified: 11 Dec 2021 23:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item
View Item