HARTONO, HARTONO (2014) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI SDN DUYUNGAN I KECAMATAN SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (961kB)
AWALAN.pdf
Download (66kB)
BAB I.pdf
Download (377kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (194kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB) | Request a copy
Abstract
Lingkungan sosial adalah segala sesuatu yang ada di sekitar anak baik itu yang berhubungan dengan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang dapat mempengaruhi sosial siswa karena dengan berinteraksi sosial anak dapat mencontoh dan belajar pada lingkungan yang ada disekitarnya sehingga keberadaan lingkungan sangat penting dalam mempengaruhi akhlak siswa.
Berpijak dan uraian di atas permasalan penelitian ini adalah (1) bagaimana lingkungan sosial di SDN Duyungan I Sukosewu Bojonegoro, (2) bagaimana akhlak siswa di SDN Duyungan I Sukosewu Bojonegoro, dan (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan sosial terhadap Akhlak siswa.
Penelitian ini dilakukan terhadap 105 siswa di SDN Duyungan I Sukosewu Bojonegoro. Setelah penalitian ini dilakukan terhadap 25 siswa anggota sampel, dengan hasil angket tentang vaniabel X yaitu tentang lingkungan sosial adalah kurang baik dengan hal ini ditunjukkan dan rata-rata hasil angket 20,84. Hal ini ditunjukkan dengan hasil interprestasi hasil rata-rata (mean) 20 s/d 29,99. Dan hasil variabel Y yaitu tentang akhlak siswa cukup baik hal ini ditunjukkan dengan basil angket denga rata-rata 19.72. ini sesuai dengan hasil interprestasi hasil rata-rata (mean) berada antara 10 s/d 19.99. sedang hasil korelasi antara variabel X dan Y tinggi yang dibuktikan melalui hasil r pada taraf gnifikan, yaitu r 0.90 sedangkan taraf signifikansi menurut tabel statistic korelasi product moment dengan respondent 25 yaitu: 1% 0,505 dan taraf signifikan 5% = 0,396. Dengan demikian dapat terlihat bawasanya terdapat pengaruh yang tinggi antara varibel X dan variabel Y, dan dapat dikatakan bahwa Iingkungan sosial sangat mempengaruhi akhlak siswa di SDN Duyungan I Sukosewu Bojonegoro.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan social dapat mempengaruhi akhlak siswa di SDN Duyungan I Sukosewu Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sosial, Akhlak Siswa |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 177 Etika hubungan sosial 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 11 Dec 2021 23:34 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 23:34 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma`arif, Jauharul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/328 |