Kholilulloh, Habib (2014) Studi Implementasi Pemahaman Pendidikan Agama Islam Oleh Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Sunnatunnur Jatisari Senori Tuban. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (193kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (259kB)
ABSTRAK.pdf
Download (88kB)
BAB I.pdf
Download (223kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (124kB)
Abstract
Pendidikan di dalam madrasah adalah pendidikan yang fundamental atau dasar dari pendidikan siswa selanjutnya. Pendidikan agama merupakan pendidikan yang pertama dan utama yang sangat dibutuhkan bagi siswa. Dimana hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan siswa. Sedangkan pendidikan agama pada siswa di Madrsah merupakan awal pembentukan kepribadian, baik atau buruk kepribadian siswa tergantung pada pendidikan serta lingkungan madrasah. Oleh karena itu, sebagai tenaga pendidik berkewajiban memberikan pendidikan dan bimbingan kepada siswa. Mengingat pentingnya pendidikan agama, maka pendidik harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam menegakkan pilar-pilar pendidikan agama dalam Madrasah.
Dengan demikian masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana implemantasi pemahaman pendidikan agama Islam oleh siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Di Desa Jatisari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban dan Bagaimana Pemahaman Pendidikan Agama Islam oleh siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah di Desa Jatisari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan serta menjawab permasalahan diatas.
Dalam pembahasan skripsi digunakan pendekatan teoritis dan empiris. Teoritis bersumber pada kepustakaan dan empiris dilakukan dengan mencari, mengamati, dan mengolah data dari lapangan, yang mengambil obyek di Desa Jatisari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode induktif dan deduktif, dan pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, , serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis diskriptif kualitatif
Pemahan pendidikan agama Islam oleh siswa sudah banyak perubahan yang menunjukan ke arah yang baik. Meskipun tidak semua unsur pemahamannya baik tapi sudah dapat dikatakan cukup baik sehingga diharapkan bisa membentuk kepribadian siswa untuk bekal hidup di dunia dan akhirat sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadits.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pemahaman Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 11 Dec 2021 23:34 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 23:34 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/327 |