Studi Implementasi Pemahaman Pendidikan Agama Islam Oleh Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Sunnatunnur Jatisari Senori Tuban

Kholilulloh, Habib (2014) Studi Implementasi Pemahaman Pendidikan Agama Islam Oleh Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Sunnatunnur Jatisari Senori Tuban. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

Pendidikan di dalam madrasah adalah pendidikan yang fundamental atau dasar dari pendidikan siswa selanjutnya. Pendidikan agama merupakan pendidikan yang pertama dan utama yang sangat dibutuhkan bagi siswa. Dimana hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan siswa. Sedangkan pendidikan agama pada siswa di Madrsah merupakan awal pembentukan kepribadian, baik atau buruk kepribadian siswa tergantung pada pendidikan serta lingkungan madrasah. Oleh karena itu, sebagai tenaga pendidik berkewajiban memberikan pendidikan dan bimbingan kepada siswa. Mengingat pentingnya pendidikan agama, maka pendidik harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam menegakkan pilar-pilar pendidikan agama dalam Madrasah.
Dengan demikian masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana implemantasi pemahaman pendidikan agama Islam oleh siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Di Desa Jatisari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban dan Bagaimana Pemahaman Pendidikan Agama Islam oleh siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah di Desa Jatisari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan serta menjawab permasalahan diatas.
Dalam pembahasan skripsi digunakan pendekatan teoritis dan empiris. Teoritis bersumber pada kepustakaan dan empiris dilakukan dengan mencari, mengamati, dan mengolah data dari lapangan, yang mengambil obyek di Desa Jatisari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode induktif dan deduktif, dan pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, , serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis diskriptif kualitatif
Pemahan pendidikan agama Islam oleh siswa sudah banyak perubahan yang menunjukan ke arah yang baik. Meskipun tidak semua unsur pemahamannya baik tapi sudah dapat dikatakan cukup baik sehingga diharapkan bisa membentuk kepribadian siswa untuk bekal hidup di dunia dan akhirat sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pemahaman Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 11 Dec 2021 23:34
Last Modified: 11 Dec 2021 23:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item
View Item