Mas’ud, Ali (2014) Implementasi Konsep Aqidah Islam Muhammad Bin Yusuf As-Sanusi Dalam Kitab as-Sanusiyah Terhadap Pendidikan Islam. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (158kB)
AWALAN.pdf
Download (273kB)
BAB I.pdf
Download (335kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (152kB)
Abstract
Aqidah Islam merupakan fondasi yang sangat penting dalam Islam karena merupakan dasar keimanan kepada Allah. Dengan Aqidah yang benar, dan sesuai dengan tuntunan Islam, niscaya hal yang mengakibatkan kemusrikan kepada-Nya dapat dihindari. Lemahnya Aqidah merupakan kunci bagi terjadinya malapetaka besar-besaran yang akan menimpa kaum muslim. Salah satunya adalah munculnya kerusakan fatal yang bersifat menyeluruh dan meliputi seluruh sektor kehidupan manusia, baik dalam skala individu, keluarga, masyarakat, negara, dan seterusnya.
Masalah Aqidah menjadi prioritas utama dikalangan ulama’ dari masa ke masa, termasuk Muhammad bin Yusuf As-Sanusi melalui karyanya kitab As-sanusiyah, memaparkan beberapa Konsep Aqidah Islam. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini dapat dirumuskan menjadi 2 yaitu:
1). Bagaimana konsep Aqidah Islam menurut Muhammad bin Yusuf as-Sanusi dalam kitab as-Sanusiyah?2). Bagaimana Implementasi konsep Aqidah Islam tersebut dalam Pendidikan Islam? Sedangkan Tujuan Penilitian ini adalah: (1) Ingin menemukan Konsep Aqidah Islam menurut Muhammad bin Yusuf as-Sanusi dalam kitab as-Sanusiyah, dan (2) Ingin mendeskripsikan Implementasi Konsep Aqidah Islam tersebut dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan metode content analysis (analisis isi) adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu: menentukan arti langsung, menjelaskan arti-arti yang implisit, menentukan tema dan memperjelas arti-arti simbolik dalam teks.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Konsep Aqidah Islam menurut Muhammad bin Yusuf as-Sanusi dalam kitabnya terdiri dari (empat) bentuk, yaitu: a). Objek kajian Aqidah Islam, b). hukum belajar aqidah Islam.
c) Urgensi dan Keutamaan Aqidah Islam, d).Buah dan Hasil Aqidah Islam. Implementasinya yaitu: a) aqidah Islam sebagai pondasi utama peserta didik, b)Aqidah Islam sebagai benteng dari kekufuran,c)Aqidah Islam terhadap diri sendiri.
Konstribusi keilmuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah memberikan pengetahuan keilmuan khususnya kepada penulis dan umumnya kepada para pembaca untuk memberikan pendidikan Islam kepada anak dan memperhatikan perkembangannya dalam keseharian agar bisa tumbuh menjadi anak yang baik, dan berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Aqidah Islam, Kitab As-Sanusiyah |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 11 Dec 2021 23:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 23:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/325 |