Muin, Abdul (2023) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM PENINGKATAN ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI SYAR’I 2 DI PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (390kB)
AWALAN.pdf
Download (777kB)
BAB 1.pdf
Download (437kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (559kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (548kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (382kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (451kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (824kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Fikih Dalam Peningkatan Aspek Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas XI Syar’i 2 di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Kepohbaru Bojonegoro. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang jenis penelitiannya berbentuk deskriptif. Dan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti di sini adalah guru MA Darul Istiqomah Kebohbaru Bojonegoro dalam proses menganalisa sebuah data yang di lakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di sini, Peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: pertama konsep Implementasi Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Peningkatan Aspek Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas XI Syar'i 2 di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Kepohbaru Bojonegoro meliputi penyampaian materi, tanya jawab, dan Evaluasi atau penilaian. Kedua adalah Implementasi Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Peningkatan Aspek Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas XI Syar'i 2 di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Kepohbaru Bojonegoro meliputi perencanaan, guru menyiapkan RPP untuk pembelajaran, pelaksanaan, guru menjelaskan semua materi agar murid tidak salahdalam memahami kemudian guru baru menampilkan media audiovisual yang berupa video untuk pembelajaran, dan penilaian/evaluasi terhadap aspek kognitif yang berupa pemahaman yang didapat siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan dengan menggunakan media audiovisual, aspek afektif yang berupa sikap murid terhadap pelajaran yang dibawa oleh guru ataupun sikap siswa terhadap guru itu dalam menyampaikan materi, dan aspek psikomotorik yang berupa praktik siswa terhadap hasil belajar yang di dapat siswa. Faktor pendukung dalam implementasi media audiovisual di MA Darul Istiqomah yaitu lingkungan sekolah dan sarana dan prasarana yang memadai, adapun untuk faktor penghambat dalam implementasi media audiovisual di MA Darul Istiqomah yaitu seringnya terjadi kerusakan pada sarana prasarana salah satu alat yang di gunakan dalam pembelajaran fikih dengan menggunakan media audiovisual yaitu pada kabel rol
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audiovisual, Pembelajaran dengan Media Audiovisual |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdul Muin |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 08:15 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri NIDN2110027101 Thesis advisor Khumaini, Fahmi NIDN2104099007 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3203 |