IMPLEMENTASI MIND MAPPING DALAM PENCAPAIAN TARGET HAFALAN SISWA PROGRAM TAHFIDZ KELAS X.2 AGAMA DI MA ABU DARRIN DANDER BOJONEGORO

HAMIDAH, FAIZATUL (2023) IMPLEMENTASI MIND MAPPING DALAM PENCAPAIAN TARGET HAFALAN SISWA PROGRAM TAHFIDZ KELAS X.2 AGAMA DI MA ABU DARRIN DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya hasil hafalan siswa di Madrasah Aliyah Abu Darrin Dander Bojonegoro, dalam membagi waktu untuk menghafal Al-Qur’an guru mentarget siswa dengan menggunakan sesuai instruksi dari guru, sehingga banyak siswa yang tertekan karena penargetan dari guru. Dengan demikian menyebabkan hasil hafalan siswa kurang maksimal sehingga berpengaruh terhadap kemampuan siswa yang tergolong redah. Mind Mapping adalah cara mentarget hafalan Al-Qur’an siswa yang efektif, efision, kreatif, menarik, dan mempermudah siswa dalam mentarget hafalannya sesuai dengan kemampuan masing-msing siswa. Sistem yang terpancar (radiant thingking) sehingga dapat mengembangkan ide dan pemikiran ke segala arah dan melihatnya secara utuh dalam berbagai sudut pandang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan media Mind Mapping dalam pencapaian target hafalan Al-Qur’an, mengetahui hasil penerapan metode Mind Mapping dalam pencapaian target hafalan Al-Qur’an, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam studi penggunaan media Mind Mapping di Madraah Alyah Abu Darrin DanderBojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan untuk penelitian adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian in menunjukkan bahwa: (1) dengan merencanakan penggunaan Mind Mapping dalam penargetan hafalan Al-Qur’an adalah agar hafalan sesuai dengan kemampuan siswa tanpa ad tekanan dari guru (2) Dengan diterapkannya penargetan hafalan penggunaan media Mind Mapping pada pembelajaran tahfidz di MA Abu Darrin Dander Bojonegoro ini adalah cara agar proses menghafal siswa lebih baik dari sebelumnya. Sehingga siswa dapat lebih giat menghafal dengan cara yang menyenangkan dan memotivasi. (3) faktor pendukung media mind mapping adalah melatih anakmenjadi kreatif, mempermudah siswa untuk mentarget hafalannya, supaya siswa lebih giat lagi dalam menghafalnya, faktor penghambat media mind mapping adalah lingkungan, malasnya siswa dalam murojaah, dan tidak semua siswa kreatif dalam membuat media tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media mind mapping, pembelajaran tahfidz
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizatul Hamidah
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:54
Last Modified: 11 Sep 2023 01:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
RAHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
Thesis advisor
CHOIRI, MIFTAKHUL
NIDN0704019003
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item
View Item