SISWONO, SISWONO (2023) ETIKA GURU DALAM KITAB MAROQIL UBUDIYAH KARYA SYEIKH NAWAWI AL BANTANI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (53kB)
AWALAN.pdf
Download (908kB)
BAB I.pdf
Download (289kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (137kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (308kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan di Indonesia diatur diatur secara sistematis sebagai sistem nasional. Tujuan Pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan, watak dan peradaban bangsa yang bernartabat, sehingga mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan melibatkan parstisipasi semua komponen masyarakat dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan ditentukan oleh kesiapan sumber daya yang terlibat dalam proses pendidikan. Guru merupakan faktor kunci yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan/Kajian Pustaka (Library Research) yang bersumber dari sastra sebagai objek kajiannya adalah karya sastra berupa kitab hadits yaitu kitab Maroqil Ubudiah karya Imam Nawawi al-Bantani. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis: bagaimana Etika Guru dalam kitab Maroqil Ubudiyah Karya Syeikh Nawawi Al Bantani dan bagaimana Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Kitab "Maroqil Ubudiyah" karya Syeikh Nawawi al-Bantani menyajikan lima bagian penting mengenai etika guru dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Etika tersebut mencakup pengenalan tentang Tazkiyatun Nafs, Pentingnya Ihsan, Perjalanan Spiritual dan Tarbiyah, Penekanan pada Cinta dan Ketaqwaan kepada Allah. Etika guru dalam kitab Maroqil Ubudiyah karya Syeikh Nawawi Al Bantani ini sangat relevan dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Selain itu, pemerintah telah mengatur kompetensi guru dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, yang mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Ini menegaskan pentingnya guru memiliki kompetensi yang kuat dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Dengan demikian, etika guru yang mencakup aspek moral, spiritual, dan profesional sangat relevan dalam konteks pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Guru, Syeikh Nawawi Al Bantani, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SISWONO SISWONO |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 04:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 04:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor RAHMAWATI, ULFA BADI' NIDN2108088801 Thesis advisor CHOIRI, MOH. MIFTAHUL NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3170 |