PENDIDIKAN AKHLAK PEMIKIRAN SYEKH MUHAMMAD SYAKIR DAN AL-MAWARDI (SEBUAH STUDI KOMPARASI)

SHODIKIN, AHMAD (2023) PENDIDIKAN AKHLAK PEMIKIRAN SYEKH MUHAMMAD SYAKIR DAN AL-MAWARDI (SEBUAH STUDI KOMPARASI). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi kompleksitas nilai dan moralitas dalam era modern, kajian tentang pendidikan akhlak dari perspektif tokoh Islam seperti Syekh Muhammad Syakir dan Syekh al-Mawardi menjadi semakin penting. Keduanya memiliki pandangan yang berharga tentang pengembangan karakter dan perilaku manusia melalui pendidikan. Dengan menggali pandangan dan pendekatan mereka, studi ini bertujuan untuk membawa pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai akhlak dalam pendidikan kontemporer serta memberikan inspirasi dalam membentuk masyarakat yang beretika dan bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komparatif pendidikan akhlak pemikiran Syekh Muhammad Syakir dan al-Mawardi dalam karyanya yang berjudul Waşāyā Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dan Adāb al-Dunyā wa al-Dīn. Penelitian ini menggunakan metode library research dan hermeunitika, yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur- literatur yang relevan dengan penelitain dengan sumber pokok karya kedua tokoh. pendekatan kulitatif deskriptif yaitu penelitian yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang status gejala saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan akhlak Syekh Muhammad Syakir menekankan nilai-nilai akhlak yang harus ditanamkan dalam diri seseorang, seperti ketaatan kepada Allah dan Rasulullah, berakhlak mulia dalam berinteraksi dengan teman, serta berbudi pekerti dalam berbagai aspek kehidupan. Sedangkan Syekh Al-Mawardi mengambil pendekatan yang lebih luas dalam pendidikan akhlaknya yaitu mencakup etika agama dan etika dunia,adanya persamaan dan perbedaan pendidikan akhlak dari kedua tokoh tersebut, Adapun dari segi Persamaan Syekh Muhammad Syakir al- Iskandari dan al-Mawardi memiliki persamaan yaitu pentingnya menjalankan ajaran agama dengan sungguh-sungguh dan menghargai nilai-nilai moral serta etika dalam berinteraksi dengan sesama manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Syekh Muhammad Syakir, al-Mawardi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD SHODIKIN
Date Deposited: 09 Sep 2023 02:49
Last Modified: 09 Sep 2023 02:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Khumaini, Fahmi
NIDN2104099007
Thesis advisor
Isroani, Farida
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3151

Actions (login required)

View Item
View Item