SHOFA, UMMA AFA'ATUS (2023) PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI BERSUCI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Cover.pdf
Download (441kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (766kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (801kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (384kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (453kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pentingnya pemerataan pendidikan bagi manusia termasuk anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan kualitas dalam hidupnya mengharuskan setiap pendidik untuk lebih kreatif dalam memilih metode serta media pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kelainan/kekurangan tertentu dan memerlukan layanan khusus dalam pendidikan. Setiap kebutuhan khusus memerlukan pelayanan pendidikan yang berbeda pula. Khususnya dalam Pendidikan Agama Islam, dimana PAI menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, penyampaian materi PAI harus diupayakan semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan media video animasi untuk memudahkan anak berkebutuhan khusus dalam menerima pelajaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dimana hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk kata. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan triangulasi data yang kemudian data tersebut dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran PAI pada materi bersuci anak berkebutuhan khusus di SLBN Sugihwaras Bojonegoro membantu anak tunagrahita menjadi lebih fokus dan pemahaman tentang materi tersebut lebih meningkat. Dalam pelaksanaan pembelajaran, tidak bisa hanya menggunakan satu metode dan media saja, jadi guru harus menyiapkan metode dan media yang bervariatif. Sedangkan untuk pelaksanaan evaluasi pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan penilaian kognitif saja, karena kemampuan mereka dalam aspek ini terbatas. Akan tetapi lebih ditekankan pada aspek efektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Materi Bersuci, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UMMA AFA'ATUS SHOFA |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:22 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MANSHUR, AHMAD NIDN212237701 Thesis advisor RAHMAWATI, ULVA BADI' NIDN2108088801 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3144 |