PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI BERSUCI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN SUGIHWARAS BOJONEGORO

SHOFA, UMMA AFA'ATUS (2023) PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI BERSUCI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya pemerataan pendidikan bagi manusia termasuk anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan kualitas dalam hidupnya mengharuskan setiap pendidik untuk lebih kreatif dalam memilih metode serta media pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kelainan/kekurangan tertentu dan memerlukan layanan khusus dalam pendidikan. Setiap kebutuhan khusus memerlukan pelayanan pendidikan yang berbeda pula. Khususnya dalam Pendidikan Agama Islam, dimana PAI menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, penyampaian materi PAI harus diupayakan semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan media video animasi untuk memudahkan anak berkebutuhan khusus dalam menerima pelajaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dimana hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk kata. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan triangulasi data yang kemudian data tersebut dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran PAI pada materi bersuci anak berkebutuhan khusus di SLBN Sugihwaras Bojonegoro membantu anak tunagrahita menjadi lebih fokus dan pemahaman tentang materi tersebut lebih meningkat. Dalam pelaksanaan pembelajaran, tidak bisa hanya menggunakan satu metode dan media saja, jadi guru harus menyiapkan metode dan media yang bervariatif. Sedangkan untuk pelaksanaan evaluasi pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan penilaian kognitif saja, karena kemampuan mereka dalam aspek ini terbatas. Akan tetapi lebih ditekankan pada aspek efektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Materi Bersuci, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UMMA AFA'ATUS SHOFA
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:22
Last Modified: 08 Sep 2023 03:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN212237701
Thesis advisor
RAHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item
View Item