ROHMATUNNAIMAH, UMI (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM KELAS BILINGUAL DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB UNTUK MENUNJANG PEMAHAMAN MATA PELAJARAN QUR‟AN HADIS DI KELAS VIII MTS ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (546kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
Bab 1.pdf
Download (668kB)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (795kB) | Request a copy
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB) | Request a copy
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Bab 5.pdf
Download (641kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (541kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (927kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan saya terhadap penggunaan bilingual di sekolah., bilingual telah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia. Pengadaan progam bilingual ini belum lama direalisasikan oleh beberapa sekolah di Indonesia yang menginginkan kesetaraan kualitas dengan Negara lain, di Mts Islamiyah malo telah menerapkan progam kelas bilingual sejak tahun 2019, untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran peserta didik di bahasa Arab guna menunjang pemahaman mata pelajaran qur‟an hadis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang mana peneliti melakukan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada observasi peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data mengenai penerapan progam kelas bilingual tersebut dari informan, dan dokumentasi berupa arsip dokumentasi yaitu profil lembaga, visi misi, jumlah data siswa dan guru, sarana dan prasarana, dan foto ketika melakukan wawancara sebagai bukti peneliti. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan program kelas bilingual dalam mengembangkan keterampilan berbahasa Arab berfokus pada 4 keterampilan dalam berbahasa yaitu pertama istima’(mendengarkan), Kalam (berbicara), Qira’ah (membaca), dan Kitabah (menulis). Adapun efektivitas program kelas bilingual dalam mengembangkan keterampilan berbahasa Arab diperoleh hasil yang efektif dalam proses pelaksanaannya, yang di dasarkan pada peningkatan 4 keterampilan yaitu istima‟(mendengarkan), kalam (berbicara), Qira’ah (membaca), dan Kitabah (menulis) dan faktor tersebut meliputi suasana yang berpengaruh dan keberhasilan usaha.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Ketrampilan bahasa Arab |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Umi Rohmatun Naimah |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 05:57 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 05:57 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IZZA, YOGI PRANA NIDN0731127601 Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3109 |