NURIYAH, MIR'ATUN (2014) PENGARUH IMPLEMENTASI PRINSIP INTEGRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP PLUS AL-FATIMAH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER DAN ABSTRAK.pdf
Download (301kB)
BAB I.pdf
Download (253kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (701kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB) | Request a copy
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf
Download (94kB)
Abstract
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak sekali perubahan dari waktu ke waktu, sebagai muslim sejati, kita dituntut untuk bias mengikuti perkembangan tersebut. Dalam perkembangan tersebut juga ada dampak positif dan negatifnya. Seiring perkembangan zaman, banyak sekali problem modernitas yang dihadapai masyarakat, salah satunya adalah adanya dikotomi ilmu, membedakan antara illmu agama dan ilmu umum. Untuk mengatasi masalah tersebut, pendidikan Islam mempunyai beberapa prinsip pelaksanaan pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis membahas pengaruh implementasi prinsip integrase terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Prinsip integrase adalah pembauran semua aspek dalam mata pelajaran PAI sehingga menjadi mata pelajaran yang utuh yang aspeknya menyatu secara sempurna. Berpijak dari uraian di atas, makajenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi prinsip integrase terhadap hasil belajar PAI di SMP Plus Al-fatimah Bojonegoro, dan (2) apakah implementasi prinsip integrase tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar PAI di SMA Plus Al-fatimah Bojonegoro. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui implementasi prinsip integrasi di SMP Plus Al-fatimah Bojonegoro, dan (2) Mengetahui pengaruh implementasi prinsip integrase terhadap hasil belaar PAI di SMP Plus Al-fatimah Bojonegoro. Implementasi prinsip integrase dilakukan dengan cara mengintegrasikan mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan mata pelajaran yang lain, sehingga menjadi mata pelajaran yang aspekny amenyatu secara sempurna. Setelah dianalisis dengan korelasi product moment, maka terbukti Ha DITERIMA dan H0 DITOLAK. Hal ini membuktikan bahwa implementasi prinsip integrase mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Plus Al-fatimah Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prinsip Integrasi, Hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 02:22 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 22:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma'arif, M. Jauharul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/31 |