MASRUROH, DIAN (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI DIMENSI KEINDAHAN DAN EKSPRESI SENI DALAM ISLAM MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL BERBASIS KARAKTER PELAJAR PANCASILA KREATIF DI SMP PLUS AL-AZHAR JOLOTUNDO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (52kB)
AWALAN (2).pdf
Download (883kB)
BAB I.pdf
Download (918kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (844kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (463kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (692kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Merdeka belajar menjadi salah satu pemecah masalah Indonesia untuk menghadapi perkembangan setiap era yang terjadi di Indonesia ini. Profil pelajar pancasila memiliki beberapa elemen, salah satunya adalah profil pelajar pancasila kreatif. Pelajar kreatif merupakan kemampuan memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinil, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Setelah peneliti melakukan observasi Di SMP Plus Al-Azhar Jolotundo, siswa merasa jenuh pada saat proses belajar mengajar berlangsung, apalagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang notabenenya guru sering menggunakan metode ceramah. Guru juga menerangkan bahwa siswa kurang disiplin, minat belajar kurang dan berakibat ngantuk sehingga pada saat pembelajaran siswa tertidur. Selain itu kurangnya buku paket juga menjadi permasalahan dalam keefektifan pembelajaran tersebut. Oleh karena itu dikembangkanlah bahan ajar berupa e-modul menggunakan aplikasi flip pdf professional. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang merupakan metode penelitian untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kevalidasian produk tersebut. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang merupakan akronim dari kata analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Yang mana model pengembangan ADDIE dilakukan dalam 5 tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implemetasi, dan evaluasi. Sumber data pada penelitian ini diantaranya ahli e-modul, ahli materi, guru, dan siswa dengan teknik pengumpulan data wawancara untuk analisis kebutuhan dan penyebaran angket kuesioner untuk validasi kelayakan e-modul. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis. Data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran para validator kemudian dijabarkan secara deskriptif. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil skoring kuesioner oleh para validator, kemudian dihitung rata-ratanya dan dianalisis dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif dengan pedoman sebuah rumus. Berdasarkan hasil analisis data dari para validator. E-modul materi dimensi keindahan dan ekspresi seni dalam Islam memiliki aspek penyajian isi dengan rata - rata perolehan penilaian 90%, aspek materi mendapatkan rata-rata nilai 94%, aspek bahasa dalam e-modul memperoleh rata-rata penilaian 97% dari ahli materi dan siswa, aspek tampilan memperolehan rata-rata penilaian 96% Aspek kepraktisan dalam e-modul mendapatkan penilaian rata-rata 98%. Dengan demikian e-modul memiliki kriteria sangat layak diimplementasikan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, kurikulum merdeka, flip pdf professional |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email 201955010104857@kelasonline.unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 05:15 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 05:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANISAH, GIATI 2104079104 Thesis advisor KHOIRIYAH, SITI 0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3058 |