PEMBELAJARAN KITAB AL-AZWAD AL- MUSTAFAWIYAH FI TARJAMAH AL-ARBA’IN AN-NAWAWIYAH MELALUI PENGAYAAN MATERI PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MTS TAUHIDIYAH 1 BUBULAN BOJONEGORO

KAUNAIN, SILVANIA IKHWANUL NURIL (2023) PEMBELAJARAN KITAB AL-AZWAD AL- MUSTAFAWIYAH FI TARJAMAH AL-ARBA’IN AN-NAWAWIYAH MELALUI PENGAYAAN MATERI PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MTS TAUHIDIYAH 1 BUBULAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (747kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mata pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah sebuah mata pelajaran dalam lingkup pendidikan agama Islam. Pembelajaran Al-Qur’an Hadis bertujuan untuk meningkatkan keimanan siswa terhadap Al-Qur’an Hadis, mengenalkan siswa dengan dalil-dalil Al-Qur’an Hadis sebagai sumber pemahaman dan pengelolaan kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan pengetahuan dan kognisi tentang pengetahuan tentang hadis. Namun dalam realitanya, materi Al-Qur’an Hadis masih jauh dari yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena proses belajar mengajar, seperti halnya pada proses pembelajaran hanya melibatkan penjelasan dari guru dan berpatokan pada buku lembar kegiatansiswa (LKS). Dengan demikian proses pembelajaran menjadi bosan karena materi pada LKS bersifat tematik, dan tidak menyeluruh untuk mengenal dan memahami hadis. Akibatnya pembelajaran tidak interaktif, dan terkesan hanya mengejar target penyelesaian pokok bahasan sehingga pengayaan materi tidak didapat oleh siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitan yang dilakukan, terdapat hasil sebagai berikut: 1). Pembelajaran kitab Al-Azwad al-Mustafawiyah Fi Tarjamah al-Arba’in an-Nawawiyah adalah kitab arbain yang diartikulasikan kedalam bahasa Jawa dengan syarah pegon, dan pembelajaran ini digunakan di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan.2). Bentuk pengayaan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadis . Dengan menambahkan sub bab pembahasan bersifat memperluas atau memperdalam dari pokok bahasan yang sedang dipelajari yang diambil dari pembelajaran kitab kitab Al-Azwad al-Mustafawiyah Fi Tarjamah al-Arba’in an-Nawawiyah kerena kedua mempunyai signifikansi yaitu pada Lembar Kerja Siswa memuat pelajaran tentang ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis, dan kitab Arba’in Nawawi memuat hadis-hadis pilihan yang mendasari kaidah agama Islam. 3) Implementasi dari pembelajaran kitab kitab Al-Azwad al-Mustafawiyah Fi Tarjamah al-Arba’in an-Nawawiyah adalah sebagai pengenalan siswa terhadap pembelajaran pesantren, pembelajaran ini untuk menopang kekurang-kekurangan yang ada pada LKS, dan menambah khasanah keilmuan hadis.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kitab Al-Azwad al-Mustafawiyah Fi Tarjamah al-Arba’in an-Nawawiyah, Bentuk Pengayaan Materi Al-Qur’an Hadis, Implemtasi kitab Al-Azwad al-Mustafawiyah Fi Tarjamah al-Arba’in an-Nawawiyah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Silvania Ikhwanul Nuril Kaunain
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:05
Last Modified: 08 Sep 2023 04:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KHUMAINI, FAHMI
NIDN2104099007
Thesis advisor
ISROANI, FARIDA
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item
View Item