HIDAYAH, FATMAWATI NUR (2023) PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 DANDER. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (294kB)
AWALAN.pdf
Download (941kB)
BAB I.pdf
Download (428kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (699kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (567kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (237kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (608kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Dander menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan media sosial TikTok dalam pembelajaran menjadi alternatif yang menarik. Pengaruh TikTok terhadap minat belajar memiliki aspek yang kompleks. Di satu sisi, platform ini dapat menjadi gangguan bagi minat belajar karena konten singkat dan seringkali menghibur yang disediakan oleh TikTok dapat mengalihkan perhatian dari kegiatan belajar. Pemakaian berlebihan TikTok juga bisa mengakibatkan waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar menjadi terbuang. Namun, di sisi lain, beberapa konten di TikTok juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi belajar. Terdapat akun-akun yang mendedikasikan diri untuk berbagi pengetahuan dan tips belajar yang dapat memberikan manfaat edukatif. Selain itu, media ini bisa digunakan sebagai alat kreatif untuk mengubah cara penyampaian informasi, yang pada akhirnya bisa membantu memperkaya proses pembelajaran.TikTok telah menjadi platform yang populer di kalangan siswa, dan penggunaannya dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti memiliki potensi untuk memperluas pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama dan budi pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 36 siswa kelas X yang dipilih secara acak. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang mengukur penggunaan TikTok dalam pembelajaran dan minat belajar siswa. Observasi juga dilakukan untuk melihat interaksi siswa selama pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai F Hitung (1,582) dengan tingkat signifikansi 0,217 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (pengaruh TikTok) tidak mempengaruhi variabel Y (minat belajar) siswa SMA Negeri 1 Dander. Selain itu, koefisien determinasi (R- Square) menunjukkan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 0,04%. Hal ini membuktikan bahwa Hipotesis H0 di terima di mana hipotesis tersebut adalah Penggunaan TikTok tidak memiliki pengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Dander.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TikTok dalam Pembelajaran, Minat Belajar Siswa, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatmawati Nur Hidayah |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:11 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 Thesis advisor MUHAMMAD, ALAIKA ABDI NIDN07019019301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3047 |