Abidin, Nasrul (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN FIKIH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII MTs MAMBAUL ULUM MONTONG TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (349kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (350kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (311kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (373kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (875kB) | Request a copy
Abstract
Penerapan model Anchored Instruction dalam pembelajaran fikih yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Karena keberhasilan suatu mata pelajaran fikih dapat dilihat dari sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran. Penerapan pembelajaran Anchored Instruction dalam pembelajaran fikih telah terbukti efektif terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran anchored instruction dalam pembelajaran fikih terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII MTs Mambaul Ulum Montong Tuban. Serta untuk mengetahui kemampuan kognitif pada mata pelajaran fikih siswa MTs Mambaul Ulum Montong Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan tipe semu (quasi experimental design). Pretest sebelum diberi perlakuan, dan posttest setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini penggunaan model pembelajaran anchored instruction ini efektif digunakan pada pembelajaran fikih terhadap kemampuan kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil posttest ketika siswa telah diberikan perlakuan yaitu rata-rata skor kelas eksperimen adalah 58,6864 atau 58,6% yang tergolong cukup efektif, sedangkan nilai rata-rata skor dari kelas kontrol yaitu 27,5748% atau 27,5% yang tergolong tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anchored Instruction, Kemampuan Kognitif, Model Pembelajaran |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nasrul Abidin |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:15 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 06:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma’arif, M. Jauharul NIDN2128097201 Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2119028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3045 |