PENERAPAN UJIAN PRAKTEK MENGAJAR SISWA AKHIR MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN TUBAN DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN MENGABDI DI BIDANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

NURYANA, ULFAH (2014) PENERAPAN UJIAN PRAKTEK MENGAJAR SISWA AKHIR MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN TUBAN DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN MENGABDI DI BIDANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesungguhnya mempelajari ilmu pendidikan dan pengajaran semata-mata, tidak menjamin untuk menjadi pendidik dan pengajar yang cakap, melainkan harus disertai dengan bakat, praktek dan pengalaman, serta pandai menciptakan sistem-sistem yang sesuai dengan keadaan anak-anak didiknya. Namun, ada fenomena yang kontra dari fenomena tersebut, dimana seorang pendidik dan pengajar (guru) terkadang tidak tahu tugas dan kewajibannya, oleh karena itu demi mewujudkan lulusan yang siap mengabdi di masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban mempunyai program ujian praktek mengajar bagi siswa akhir (kelas XII) setiap tahunnya.
Adapun fokus penelitian yang ingin penulis kaji adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan ujian praktek mengajar siswa akhir Madrasah As-Salam Bangilan Tuban. 2) Bagaimana kesiapan siswa akhir Madrasah Aliyah Bangilan Tuban untuk mengabdi di bidang pendidikan dan pengajaran. 3) Bagaimana penerapan ujian praktek mengajar siswa akhir Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban dalam meningkatkan kesiapan mengabdi di bidang pendidikan dan pengajaran.
Penelitian ini dilakukan terhadap 110 siswa di Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban. Adapun jumlah informan yang penulis ambil adalah 5 siswa. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan mengumpulkan datanya dengan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi.
Dari beberapa keterangan dan penjelasan, akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa penerapan ujian praktek mengajar bagi siswa akhir Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban ini sangat membantu dalam meningkatkan kesiapan mengabdi di bidang pendidikan dan pengajaran bagi para lulusan Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan Ujian praktek mengajar, Pendidikan dan Pengajaran.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:54
Last Modified: 07 Dec 2021 14:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item