NURYANA, ULFAH (2014) PENERAPAN UJIAN PRAKTEK MENGAJAR SISWA AKHIR MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN TUBAN DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN MENGABDI DI BIDANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
AWALAN.pdf
Download (261kB)
BAB I.pdf
Download (318kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (143kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sesungguhnya mempelajari ilmu pendidikan dan pengajaran semata-mata, tidak menjamin untuk menjadi pendidik dan pengajar yang cakap, melainkan harus disertai dengan bakat, praktek dan pengalaman, serta pandai menciptakan sistem-sistem yang sesuai dengan keadaan anak-anak didiknya. Namun, ada fenomena yang kontra dari fenomena tersebut, dimana seorang pendidik dan pengajar (guru) terkadang tidak tahu tugas dan kewajibannya, oleh karena itu demi mewujudkan lulusan yang siap mengabdi di masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban mempunyai program ujian praktek mengajar bagi siswa akhir (kelas XII) setiap tahunnya.
Adapun fokus penelitian yang ingin penulis kaji adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan ujian praktek mengajar siswa akhir Madrasah As-Salam Bangilan Tuban. 2) Bagaimana kesiapan siswa akhir Madrasah Aliyah Bangilan Tuban untuk mengabdi di bidang pendidikan dan pengajaran. 3) Bagaimana penerapan ujian praktek mengajar siswa akhir Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban dalam meningkatkan kesiapan mengabdi di bidang pendidikan dan pengajaran.
Penelitian ini dilakukan terhadap 110 siswa di Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban. Adapun jumlah informan yang penulis ambil adalah 5 siswa. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan mengumpulkan datanya dengan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi.
Dari beberapa keterangan dan penjelasan, akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa penerapan ujian praktek mengajar bagi siswa akhir Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban ini sangat membantu dalam meningkatkan kesiapan mengabdi di bidang pendidikan dan pengajaran bagi para lulusan Madrasah Aliyah As-Salam Bangilan Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Ujian praktek mengajar, Pendidikan dan Pengajaran. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 14:54 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 14:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Huda, Agus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/303 |