FARIHAH, SITI LAILATUL (2014) PENGARUH MENGAJAR GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MA AL MUTAMAKIN SITIAJI SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (255kB)
AWALAN.pdf
Download (282kB)
BAB I.pdf
Download (264kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (163kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB) | Request a copy
Abstract
Peran guru sangat menentukan demi berhasilnya usaha peningkatan mutu pendidikan, terutama pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sekolah menengah pertama adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan sebagai tindak lanjut dari Sekolah Dasar yang bertujuan untuk mempersiapkan siswanya yang dapat atau tidak dapat melanjutkan pelajarannya ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi agar dimasyarakat kelak memiliki pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal hidup untuk mencapai cita-citanya. Keberhasilan pelaksanaan pendidikan terletak pada para pendidik umumnya dan khususnya guru, terutama pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Dengan demikian betapa pentingnya ketrampilan guru dalam mengajar.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah mengajar guru di MA Al Mutamakin Sitiaji Sukosewu Bojonegoro, (2) bagaimanakah aktivitas belajar siswa MA Al Mutamakin Sitiaji Sukosewu Bojonegoro, dan (3) adakah pengaruh mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa MA Al Mutamakin Sitiaji Sukosewu Bojonegoro.
Metode dalam penelitian ini explanatory survey, yaitu merupakan suatu jenis metode penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap subyek dan obyek penelitian dalam jumlah besar dalam waktu yang bersamaan.
Dari hasil analisis ternyata nilai “r” diperoleh 0.974 dari N = 30. Bila di konsultasikan dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 1% sebesar 0,463 dan taraf signifikansi 5% sebesar 0.361. Melihat hasil perhitungan nilai “r” product moment yang diperoleh (0,974). Ini lebih besar dari nilai “r” table baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dengan demikian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan mengajar guru terhadap aktifitas belajar siswa MA Al Mutamakin Sitiaji Sukosewu Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengajar guru, aktifitas belajar siswa. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 05 Dec 2021 19:41 |
Last Modified: | 05 Dec 2021 19:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sugeng, Sugeng UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/300 |