TABI'IN, MOCH (2023) PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF ALI JUM'AH (STUDI ANALISIS KITAB AL-BI'AH). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (296kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (421kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (748kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (168kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (256kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB) | Request a copy
Abstract
Ajaran Islam mendorong untuk menjaga lingkungan, mengamanatkan manusia sebagai khalifah untuk merawat lingkungan sebagai perwakilan Allah di bumi. Islam mengizinkan pemanfaatan alam dengan tujuan ilmu dan ibadah, bukan eksploitasi semata. Al-Bi'ah karya Syekh Ali Jum'ah menjadi panduan modern menerapkan nilai-nilai agama dalam melestarikan alam. Penelitian konsep pendidikan akhlak dalam karya ini memiliki urgensi untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan. Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat saat ini adalah masalah moralitas terhadap lingkungan. Kerusakan lingkungan telah menjadi masalah global yang semakin disadari sebagai isu serius dan rumit yang dihadapi oleh seluruh umat manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep Pendidikan Akhlak perspektif Ali Jum‟ah dalam kitab Al-Bi’ah serta mengevaluasi relevansinya dengan akhlak masyarakat terkait lingkungan. Penelitian ini akan menganalisis konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab tersebut dan melihat sejauh mana relevansinya dengan perilaku masyarakat dalam menjaga dan peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang berfokus pada masalah-masalah aktual dan berkenaan dengan analisis dan interpretasi data pustaka. Metode penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan mengandalkan sumber primer dan sekunder untuk mendapatkan informasi yang relevan. Peneliti melakukan serangkaian kegiatan dalam pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Jenis penelitian yang sesuai dengan tema penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk menyelidiki kondisi objek alamiah dengan triangulasi data dan analisis induktif yang mendalam untuk mengungkap makna dan memahami fenomena yang diteliti Studi analisis kitab Al-Bi’ah karya Syekh Ali Jum'ah menunjukkan bahwa pendidikan akhlak memiliki peran sentral dalam ajaran Islam. Kitab tersebut mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang harus dijunjung tinggi oleh seorang Muslim dalam berbagai aspek kehidupan. Syekh Ali Jum'ah menekankan pentingnya merujuk pada Al-Qur'an dan Hadits Nabi sebagai sumber utama ajaran akhlak. Selain itu, nilai tanggung jawab dalam menjaga lingkungan dan keselarasan dengan alam semesta juga menjadi perhatian dalam kitab tersebut. Dengan demikian, pendidikan akhlak dalam perspektif Syekh Ali Jum'ah memiliki relevansi penting dalam membentuk karakter Muslim yang bermartabat dan membawa manfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Melalui analisis mendalam terhadap isi kitab Al-Bi’ah, Syekh Ali Jum'ah menyoroti berbagai nilai akhlak, seperti tanggung jawab, pencegahan kerusakan lingkungan, keadilan, dan toleransi, serta mengedepankan kesadaran spiritual yang berhubungan erat dengan Allah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Akhlak, Lingkungan (Al-Bi’ah) |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | spd moch tabi'in |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:47 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0710089104 Thesis advisor MUHAMMAD, ALAIKA ABDI NIDN07019019301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2988 |