IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DAN QIROATI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI TPQ MIFTAHUL ULUM SUGIHWARAS BOJONEGORO

PRAYITNO, PRAYITNO (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DAN QIROATI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI TPQ MIFTAHUL ULUM SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of HALAMAN AWALAN.pdf] Text
HALAMAN AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I PDF.pdf] Text
BAB I PDF.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of BAB II PDF.pdf] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III PDF.pdf] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV PDF.pdf] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V Pdf.pdf] Text
BAB V Pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of LAMPIRAN Pdf.pdf] Text
LAMPIRAN Pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masa anak-anak merupakan masa yang tepat dalam memberikan pembelajaran. Terlebih pembelajaran Al-Qur'an. Dimana Usia anak (0-5 tahun) merupakan usia keemasan (golden age). Tugas selanjutnya adalah bagaimana kita bisa memberikan pengajaran Al-Quran dengan baik agar hasil dari pengajaran tersebut menjadi baik pula. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimanakah implementasi metode An-Nahdliyah dan Qiroati dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an santri TPQ Miftahul Ulum Sugihwaras Bojonegoro, (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode An-Nahdliyah dan Qiroati dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an santri TPQ Miftahul Ulum Sugihwaras Bojonegoro. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskrisikan penerapan metode An-Nahdliyah dan Qiroati dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an santri TPQ Miftahul Ulum Sugihwaras Bojonegoro, (2) Untuk Mengetahui seberapa kelebihan dan kekurangan metode An-Nahdliyah dan Qiroati dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an santri miftahul Ulum Sugihwaras Bojonegoro.
Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis dari penelitian ini menggunakan penelitian kulaitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian, lalu menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan tahap-tahap penelitian dalam skripsi ini yaitu: Tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap penulisan laporan.
Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, (1) Implementasi metode An-Nahdliyah dan Qiroati dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an al sudah berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dengan adanya usaha yang sungguh-sungguh dari pihak ustadz/ustadzah untuk melakukan peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an, Penerapan Metode An-Nahdliyah dan Qiraati ini lebih ditekankan pada bentuk klasikal. Karena dengan begitu cara megevaluasinya akan lebih mudah, untuk mengetahui mana yang salah dalam pelafalan huruf dan mana yang benar, (2) Kelebihan metode An-Nahdliyah dan Qiroati adalah Mudah dipahami oleh anak-anak, semangat dalam membaca karena adanya ketukan dan irama. Semua anak didik lebih cepat tanggap, konsentrasi, mudah dikendalikan, semangat dan menyenangkan, dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an serta hafalan surat-surat pendek jus 30.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode An-Nahdliyah, Qiroati, Membaca, menghafal Al-Quran
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PRAYITNO PRAYITNO
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:36
Last Modified: 08 Sep 2023 04:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
NISA', IDA FAUZIATUN
NIDN2124129001
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item
View Item