BUDI, SETIYO (2023) PROGRAM TAKHASSUS TAHFIDZ AL-QUR'AN SISWA TAHFIDZ KELAS VII MTS MA'HAD HIDAYATUN NAJAH TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (387kB)
AWALAN.pdf
Download (913kB)
BAB I.pdf
Download (537kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (593kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (562kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (349kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (415kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tahfidz Al-Qur’an termasuk ibadah yang mulia. Setiap umat muslim yang tetap membaca dan mengamalkan maknanya akan mendapat banyak pahala dari Allah SWT. Program Tahfidz merupakan langkah dalam mengembangkan kepribadian Qur’ani. Kepribadian Qur’ani adalah kepribadian individu yang diperoleh dengan mentransformasikan isi Al-Qur’an ke dalam dirinya untuk selanjutnya diinternalisasikan dalam kehidupan nyata. MTs Ma’had Hidayatun Najah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menitik beratkan pada pengajaran dan penanaman nilai-nilai Qur’ani pada peserta didiknya. Keberhasilan dalam pembelajaran tidak lepas dari penggunaan metode yang diterapkannya
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan program takhassus tahfidz Al-Qur'an di MTS Ma'had Hidayatun Najah Tuban menunjukkan keseriusan dan komitmen untuk meningkatkan kemampuan hafalan siswa. Dengan adanya program-program unggulan seperti muraja'ah dan ziyadah, serta evaluasi berkala, diharapkan program ini dapat mencapai tujuannya untuk menghasilkan generasi Al-Qur'an yang berprestasi, berakhlak mulia, dan mahir dalam menghafal Al-Qur'an. (2) Nilai-nilai yang muncul pada pelaksanaan program takhassus Al-Qur’an di Mts Hidayatun Najah Tuban yaitu nilai religius, tanggung jawab, kerja keras, disiplin. (3) Faktor pendukung dan penghambat: (a) Faktor penghambat: motivasi siswa naik turun, susahnya untuk memuroja'ah hasil hafalan siswa, kesadaran siswa dalam hafalannya belum ada, banyak kegiatan selain pada program takhassus (b) Faktor pendukung: ada boarding di pondok, diadakannya MHQ internal setiap bulan, madrasah memfasilitasi setiap siswa yang ingin berkompetensi di dalam maupun di luar sekolah, ketersediaan guru yang kompeten.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidz Al-Qur'an |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | setiyo budi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:20 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 06:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AUFA, ARI ABI NIDN2107057802 Thesis advisor ANISAH, GIATI NIDN2104079104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2976 |