PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BAAMBOOZLE PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI RIBA, BANK DAN ASURANSI DI KELAS X MAN 2 TUBAN

Chumaidi, Achmad (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BAAMBOOZLE PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI RIBA, BANK DAN ASURANSI DI KELAS X MAN 2 TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi tidak dapat dihindari dan keberadaannya dapat memberikan dampak positif jika benar dalam pemanfaatan dan penggunannya. Di era serba digitalisasi dunia pendidikan dituntut untuk bertransformasi memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, pembelajaran berbantu teknologi merupakan model pembelajaran yang berbasis teknologi yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran di kelas. Game edukasi baamboozle merupakan salah satu dari banyaknya media pembelajaran berbasis teknologi. MAN 2 Tuban merupakan madrasah yang mempunyai kualitas dengan daya saing yang tinggi, fasilitas yang tersedia dapat menunjang guru menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini untuk pengembangan game edukasi bamboozle pada pembelajaran fikih materi riba, bank dan asuransi dengan tujuan menghasilkan media yang layak, efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D) model 4D dengan tahapan define, design, develepment, disseminate. Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 57 peserta didik. Hasil produk yang dikembangkan terdiri dari 3 bentuk kuis dan materi pembelajaran berupa power point dengan cakupan materi riba, bank dan asuransi. Game edukasi baamboozle di validasi oleh ahli media dengan hasil 93% dan validasi ahli materi dengan hasil 95%, sehingga dapat di klasifikasikan sangat valid. Game edukasi baamboozle juga diklasifikasikan sangat baik dan layak melalui respon guru kelas dan peserta didik dengan hasil kelayakan 90%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Baamboozle, Mata Pelajaran Fikih.
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Chumaidi
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:25
Last Modified: 23 Sep 2023 08:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
NIDN2112119230
Thesis advisor
Silfiyah, Khoirotus
NIDN219049201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item
View Item