Sholikah, Silviatun (2023) TRANSFORMASI METODE SOROGAN KE METODE AMSTILATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH SIMO SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (390kB)
AWALAN.pdf
Download (906kB)
BAB I.pdf
Download (486kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (513kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (670kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (353kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (386kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Amstilati termasuk metode pembelajaran modern, yang paling banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran kitabiyah di pesantren. Ini merupakan bukti bahwa metode ini memiliki kekhasan tersendiri sebagai bentuk metode yang cakupanya tidak hanya pada pencapaian target dalam keberhasilan kemampuan baca kitab kuning, melainkan juga pada proses pemahaman dan kemampuan membaca dan memahami kitab kuning yang berlangsung di pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian mendapatkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: metode sorogan dulu penerapannya banyak kekurangan salah satunya yaitu santri kurang memahami dan sulit untuk mempraktekkan sendiri, sehingga sorogan kitab kuningnya dulu dilakukan saat ustadz membacakan per-kata kemudian menerjemahkan, lalu santri mengikuti dan dilakukan sepersis apa yang dibacakan ustadz, itupun dilakukan sampai jam pembelajaran selesai. Sekarang setelah menggunakan buku panduan Amstilati, ustadz maupun santri sudah tidak lagi kesulitan dalam berlangsungnya proses belajar mengajar dan juga saat santri menyetor. Sorogan kitab kuningnya dilakukan secara individu dan bergantian sampai jam pembelajaran selesai. Proses penerapan materi yang diajarkan di mulai dari materi-materi yang mudah kemudian dilanjut ke materi yang lebih luas. Seperti Pertama kali yang dikenalkan adalah huruf jer, i‟rob dan dlomir. Metode yang digunakan yaitu membaca dan menghafal, kemudian pendekatannya dengan pengulangan. Sistem evaluasinya menggunakan tes lisan dan tulis. Faktor pendukungnya yaitu: adanya santri yang mau mempelajari metode Amstilati. adanya persetujuan dari kyai/pengasuh dan dorongan dari ustadz, adanya pengampu yang berkompeten. Ada pula faktor penghambat yaitu: kurang maksimalnya santri waktu dalam pembelajaran, rasa malas yang dialami para santri
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sorogan, Metode Amstilati, Kitab Kuning |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email 201955010104827@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:00 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Nisa', Ida Fauziatun NIDN2124129001 Thesis advisor Azmi, Ahmad Rifqi NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2930 |