KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN IMAM BUKHARI DAN EMILE DURKHEIM)

MUKAFI, ALI (2023) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN IMAM BUKHARI DAN EMILE DURKHEIM). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akhlak memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku individu dalam masyarakat. Konsep pendidikan akhlak dapat dianalisis dari perspektif berbeda, termasuk sudut pandang sosiologi dan agama. Dalam penelitian ini, kami akan membandingkan konsep pendidikan akhlak menurut Imam Bukhari, seorang ulama besar dalam Islam dan Emile Durkheim, seorang tokoh sosiologi ternama. Melalui perbandingan ini, dapat terlihat persamaan dan perbedaan dalam pendekatan kedua tokoh tersebut. Peneliti dalam hal ini menggunakan pendekatan Kualitatif yang bersifat deskriptif, Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (penelitian Pustaka), Jenis penelitian deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi komparasi, yaitu membandingkan dua konsep Pendidikan akhlak menurut Imam Bukhari dan Emile Durkheim, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Imam Bukhari? (2) bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Emile Durkheim? (3) apa saja saja persamaan dan perbedaan dari kedua konsep tersebut?.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) konsep pendidikan akhlak menurut Imam Bukhari, dengan landasan ajaran Islam, mengajarkan nilai-nilai akhlak individu dan bagaimana meningkatkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. (2) Émile Durkheim menekankan pendidikan akhlak sebagai alat sosial yang membentuk seseorang agar memiliki solidaritas dan disiplin yang kuat untuk mendukung tujuan sosial. (3) Persamaannya meliputi pengakuan akan pentingnya pendidikan dalam membentuk akhlak individu, peran keteladanan serta pengaruh keluarga dan masyarakat dalam membentuk nilai-nilai moral. Baik Imam Bukhari maupun Emile Durkheim sama sama mengakui pentingnya menjunjung tinggi nilai kebaikan. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada sumber ajaran, fokus pendidikan akhlak, dan penekanan pada disiplin dan otoritas atas diri sendiri

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Imam Bukhari, Emile Durkheim
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALI MUKAFI
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:53
Last Modified: 07 Sep 2023 04:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item
View Item