QODRIYAH, IRVIA NAZILATUL (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (283kB)
AWALAN.pdf
Download (853kB)
BAB I.pdf
Download (619kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (625kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (551kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (498kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (568kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang selama ini dinilai menjadi pelajaran yang sulit untuk dipahami, sehingga kendala ini menjadi problem dan dilema bagi para pendidik dan peserta didik di MAN 1 Bojonegoro termasuk dalam menghadapi perubahan kurikulum, yaitu kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisis problematika kurikulum Merdeka belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam secara lebih spesifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi, mengidentifikasi problematika serta menjelaskan usaha yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika implementasi kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasasrkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) implementasi kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini dilaksanakan melalui tiga tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2) problematikanya diantaranya, keterlambatan penerbitan Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen dari Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, guru masih menggunakan metode ceramah, siswa kesulitan memilih pembelajaran berdiferensiasi, guru kesulitan menyiapkan perangkat pembelajaran, asesmen masih berbasis tes tertulis, asesmen diagnostik belum terlaksana. (3) usaha yang dilakukan guru dalam menghadapinya, diantaranya, mengikuti dan menyesuaikan panduan yang sudah ada, mengikuti MGMP SKI Serrta bimbingan teknis kurikulum Merdeka dari Kementrian Agama RI, dan mendiskusikan dengan siswa kesulitan apa yang dihadapi dan kemudian mencari solusi bersama.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | IRVIA NAZILATUL QODRIYAH |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 05:25 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 05:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2019028601 Thesis advisor FAUZIAH, ZUMROTUL NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2847 |