MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL-RELIGIUS DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI LITERASI MA ISLAMIYAH SENORI TUBAN

FARHAN, MOH. (2023) MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL-RELIGIUS DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI LITERASI MA ISLAMIYAH SENORI TUBAN. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam politik Kepala madrasah tidak semua anggota memahami akan suatu keputusan, hal ini dapat menimbulkan perselisihan yang dapat menghalangi kesepakatan bersama, dalam struktur madrasah terdapat kelompok atau segelintir orang yang menimbulkan ketidakstabilan karena perbedaan ide/gagasan yang bisa menghambat dalam mencapai tujuan madrasah, Diantara tujuan tersebut yaitu dalam meraih perstasi, dikarenakan prestasi adalah indikator kesuksesan dalam pencapaian suatu lembaga, Prestasi bisa diperoleh apabila lembaga mempunyai manajemen yang baik, dan manajemen yang baik tidak terlepas oleh sosok Pemimpin. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui model kepemimpinan di MA islamiyah Senori Tuban dengan berfokus penelitian pada: (1)Bagaimana Model Kepemimpinan Transformasional-Religius dalam Mengembangkan Prestasi Literasi dan (2) Implementasi Model Kepemimpinan Transformasional-Religius dalam Mengembangkan Prestasi Literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus di MA Islamiyah Senori Tuban. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data melalui Observasi secara langsung, Wawancara dengan beberapa informan, dan Dokumentasi, analisis peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan temuan menggunakan triangulasi sebagai penguat dan pembanding data, audit data secara berkala, ketekunan, pengamatan, diskusi kepada informan dan menggunakan referensi yang cukup. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa Kepemimpinan MA Islamiyah Senori menerapkan model kepemimpinan transformasional-religius meliputi aspek, prinsip, karakteristik serta sifat religius dalam sebuah kepemimpinan, Aspek kepemimpinan transformasional-religius meliput Pengaruh ideal, motivasi yang inspirasional, stimulasi intelektual, pertimbangan yang didasarkan pada individual. Sedangkan Prinsip kepemimpinan transformasional-religius meliputi membangun kesadaran dan tanggung jawab berorganisasi. Karakteristik meliputi memiliki karisma, konsideran individual, stimulasi intelektual. Religius meliputi kejujuran, disiplin, rendah hati, bermanfaat, dan lain-lain. Implementasi diwujudkan membentuk Program Literasi berupa Prodistik(bidang terapan), Karya akhir berupa buku, Gemar perpustakaan, skimming, pengadaan taman baca.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL-RELIGIUS
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.4 Leadership/Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi, Psikologi Kepemimpinan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Farhan
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:19
Last Modified: 06 Sep 2023 02:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item
View Item