Rahma, Annisa Ramadhatul (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TASAMUH SISWA KELAS X SMK AL-MUSTAWA PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (281kB)
AWALAN.pdf
Download (643kB)
BAB I.pdf
Download (688kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (732kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (454kB)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf
Download (393kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan oleh guru untuk memcapai tujuan pembelajaran, penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti digunakan guru untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dan juga digunakan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X SMK Al�Mustawa Prambontergayang Soko Tuban adalah metode pembelajaran ceramah. Namun metode pembelajaran ceramah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dianggap kurang efektif sehingga mengakibatkan peserta didik cepat bosan. Setelah dirasa kurang efektif guru Pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X SMK Al- Mustawa mecoba menerapkan metode peer teaching (tutor sebaya). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian dokumentasi . Untuk teknik pengecekan keabsahan peneliti menggunakan teknik uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Teknik ini digunakan untuk mengetahui keakuratan data yang diperoleh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa Metode pembelajaran peer teaching dapat membentuk karakter tasamuh pada siswa kelas X SMK Al-Mustawa Prambontergayang Soko Tuban. Dengan dipilihnya satu siswa sebagai tutor sebaya dalam satu kelompok dan anggota kelompok akan menanyakan materi yang kurang dipahaminya kepada tutor secara tidak langsung akan terjadi interaksi antara anggota kelompok dan tutor sebaya, dengan begitu anggota kelompok akan menghormati tutor sebaya saat menerangkan materi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Peer Taeching, Karakter Tasamuh |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Annisa Ramadhatul Rahma |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 01:55 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 01:55 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor silfiyah, Khoirotus NIDN2119049201 Thesis advisor Roin, Usman NIDN0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2716 |