Sudar, Sudar (2009) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN NEGERI KAMOLAN 3 KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA. Sarjana (S1) thesis, STAI Sunan Giri Bojonegoro.
2009_SUDAR.pdf
Download (24MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana penerapan KTSP dan problematikanya di SD Negeri Kamolan 3 Blora. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menentukan menggunakan angket yang diberikan kepada guru agama pengajar SD Negeri Kamolan 3 Blora sebagai objek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi KTSP di SD Negeri Kamolan sudah berjalan baik meski ada problemnya, atau dengan prosentase 55% implementasi KTSP sudah berjalan dengan indikasi dari beberapa item pertanyaan yang diajukan ternyata guru pendidikan gama islam dominan menjawab sering. Mengenai problrmatika dalam penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah SD Negeri Kamolan 3 Blora dapat dianalisa; dalam menerapkan KTSP baik mata pelajaran pendidikan agama islam atau pelajaran yang lainnya sangat diperlukan SDM guru yang memadai, diperlukan sarana prasarana pendidikan seperti alat peraga pendidikan dan diperlukan pemahaman guru terhadap KTSP sendiri sehingga dapat mengembangkan konsep-konsep yang ada di KTSP.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:31 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ahmad, Badaruddin NIDN0000000000 Thesis advisor Minarti, Sri NIDN2110027101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2659 |