WANPRESTASI DALAM PRAKTIK GIVEAWAY SEBAGAI DAYA TARIK KONSUMEN DI INSTAGRAM PERSPEKTIF HUKUM BISNIS ISLAM

Cahyono, Eko Arief and Ni’mah, Zahrotul (2021) WANPRESTASI DALAM PRAKTIK GIVEAWAY SEBAGAI DAYA TARIK KONSUMEN DI INSTAGRAM PERSPEKTIF HUKUM BISNIS ISLAM. Al Maqashidi : Jurnal Hukum Islam Nusantara, 4 (2). pp. 29-40. ISSN 2623-0399

[thumbnail of alkhasan,+3.+Eko+Fix.pdf] Text
alkhasan,+3.+Eko+Fix.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of WANPRESTASI DALAM PRAKTIK GIVEAWAY SEBAGAI DAYA TARIK KONSUMEN DI INSTAGRAM PERSPEKTIF HUKUM BISNIS ISLAM.pdf] Text
WANPRESTASI DALAM PRAKTIK GIVEAWAY SEBAGAI DAYA TARIK KONSUMEN DI INSTAGRAM PERSPEKTIF HUKUM BISNIS ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Praktik giveaway saat ini cukup viral dilakukan oleh online shop salah satunya dilakukan di Instagram. Giveaway merupakan suatu bentuk promosi yang dikemas dengan cara kompetisi, dimana pemenang akan mendapatkan hadiah gratis sesuai dengan yang dijanjikan oleh sponsor setelah memenuhi beberapa persyaratan, seperti melakukan spamlike, coment atau tag akun seseorang di setiap postingan Instagram.
Objek penelitian ini adalah akun Instagram @qk17cellular yang mengadakan giveaway dengan ketentuan bahwa ongkos kirim dan pajak ditangggung pemenang, tetapi setelah pemenang memenuhi ketentuan tersebut hadiah tidak kunjung diberikan sehingga dianggap sebagai wanprestasi. Penelitian ini dianlisis dengan mrnggunakan perspektif hukum bisnis Islam. Hasil dari penelitian ini diantaranya (1) Wanprestasi dalam praktik giveaway pada akun Instagram @qk17cellular, ketika mengikuti giveaway peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan, seperti follow, like, comment, serta ongkos kirim dan pajak ditanggung pemenang. Penentuan pemenang dilakukan secara acak oleh @qk17cellular. Tetapi setelah pemenang memenuhi syarat dan ketentuan tersebut, hadiahnya tidak kunjung diberikan oleh @qk17cellular. (2) Ditinjau dari teori wa‟ad, praktik giveaway yang dilakukan oleh @qk17celular merupakan janji dan terjadi pengkhiyanatan kepada pihak pemenang giveaway, karena pihak @qk17cellular tidak memberikan hadiah sesuai apa yang sudah dijanjikan setelah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut. Sehingga dalam hal ini merugikan salah satu pihak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Giveaway, Instagram, Hukum Bisnis Islam
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai > 297.63 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Eko Arief Cahyono
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:00
Last Modified: 04 Jul 2023 03:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Cahyono, Eko Arief
NIDN2120068702
Author
Ni’mah, Zahrotul
NIM20165502040534
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item
View Item