Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19

Yuliani, Endah and Saputri, Romadhiyana Kisno Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom Dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19.

[thumbnail of artikel_Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom Dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19.pdf] Text
artikel_Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom Dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19.pdf - Published Version

Download (356kB)
[thumbnail of Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19 (1).pdf] Text
Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19 (1).pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Dampak dari adanya pandemi COVID-19 pada sistem pendidikan di Indonesia adalah seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing melalui aplikasi yang tersedia. Pembelajaran online dilakukan melalui berbagai platform seperti google classroom dan grup whatsapp. Pelaksanaan pembelajaran online perlu menggunakan platform yang mampu menunjang ketecapaian tujuan mata kuliah, untuk itu, perlu diketahui platform mana yang mampu menunjang ketercapaian tujuan mata kuliah sehingga hasil belajar juga baik. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar yang menggunakan platform google classroom dan grup whatsapp dan seberapa efektifnya kedua platform tersebut selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-postest nonequivalent multiple-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 yang mengikuti pembelajaran online dengan google classroom dan grup whatsapp. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelompok sesuai perlakuan dengan jumlah masing-masing kelompok 24 mahasiswa. Data hasil belajar mahasiswa diperoleh dari hasil pre test, yaitu nilai Ujian Tengah Semester sebelum dilaksanakan pembelajaran online dan nilai post test, yaitu nilai Ujian Akhir Semester setelah dilaksanakan pembelajaran online pada kedua kelompok perlakuan, data kemudian diolah dengan menggunakan bantuan software Microsoft Excell dan SPSS 25 Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kedua kelas sama sebelum diberi perlakuan dan hasil belajar kedua kelas berbeda setelah diberi perlakuan atau dengan kata lain kelas yang menggunakan platform google classroom lebih baik dari pada kelas yang menggunakan platform grup whatsapp. Pembelajaran dengan platform google classroom lebih efektif daripada dengan platform grup whatsapp.

Item Type: Article
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Farmasi
Depositing User: Romadhiyana Kisno Saputri
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:18
Last Modified: 27 Jun 2023 03:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Yuliani, Endah
NIDN001207195902
Author
Saputri, Romadhiyana Kisno
NIDN0325048902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item
View Item