Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah

Roin, Usman and Mustaqim, Thofa (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. Jurmia: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3 (1). pp. 89-95. ISSN 2807-1034

[thumbnail of 1404.+Usman+Roin.pdf] Text
1404.+Usman+Roin.pdf - Published Version

Download (274kB)
[thumbnail of cek plagiasi_Jurmia Usman Roin.pdf] Text
cek plagiasi_Jurmia Usman Roin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru di MI Nurul Hidayah sejauh ini menunjukkan keaktifan guru yang menonjol. Diskusi memang beberapa kali diimplementasikan dalam pembelajaran, namun siswa cenderung pasif dalam kegiatan itu, sehingga keefektifan pembelajaran tidak dapat diraih dalam implementasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data primernya melalui tes, dan sekundernya dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis hipotesis diperoleh nilai t-hitung 3,29 dengan t –tabel 2,00, itu artinya t hitung lebih besar dari t-tabel yakni H0 ditolak dan Ha diterima. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. Untuk itu, guru diharapkan dapat menerapkan berbagai model pembelajaran kooperatif tipe lainnya dalam pembelajaran, agar siswa lebih aktif dalam diskusi yang juga dapat berpengaruh pada hasil belajarnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Kooperatif, Snowball Throwing
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Pd Usman Roin
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:55
Last Modified: 15 Jun 2023 01:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Roin, Usman
NIDN0728088204
Author
Mustaqim, Thofa
NIM201955012600308
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item
View Item