Keterampilan Bertanya dengan Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review)

YULIA, NURUL MAHRUZAH and SUTTRISNO, SUTTRISNO (2022) Keterampilan Bertanya dengan Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review). JURNAL RISET MADRASAH IBTIDAIYAH (JURMIA), 2 (2). pp. 258-265. ISSN 2807-1034

[thumbnail of 514.+Nurul+Mahruzah+Yulia+&+Suttrisno (2).pdf] Text
514.+Nurul+Mahruzah+Yulia+&+Suttrisno (2).pdf

Download (303kB)
[thumbnail of Turnitin Jurmiaku.pdf] Text
Turnitin Jurmiaku.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran di abad 21 menekankan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Keaktifan ini bukan hanya aktif secara fisik, namun juga seacar mental, utaamnya aktif untuk berikir ilmiah. Salah satu indikator keaktifan tersebut merupakan tingginya intensitas siswa dalam bertanya dan kualitas pertanyaan yang diajukan siswa. penelitian yang dilakukan di Kelas IV MI Subulussalam Pucangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang bertujuan untuk menganalisis ketrampilan bertanya siswa dengan pembelajaran PQ4R pada materi Bagian-Bagian Tumbuhan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan instrumen observasi yang menganalisis pertanyaan siswa baik secara kuantitas maupun kualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan bertanya siswa secara kuantitatif mencapai 70% yakni 17 siswa yang aktif bertanya. Adapun secara kualitas, pertanyaan tingkat kognitif rendah masih mendominasi dengan presentase 88% dari keseluruhan pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu ketrampilan bertanya dengan Pembelajaran PQ4R tergolong baik dengan capaian tingkat bertanya paling tinggi terdapat pada tingkat pertanyaan kognitif tinggi pada tahap analisis, perlu adanya pembiasaan dan peningkatan ketrampilan bertanya tingkat tinggi sehingga pertanyaan lebih berbobot untuk dibahas dan didiskusikan, sehingga ketrampilan bertanya siswa juga akan lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bertanya, Pembelajaran PQ4R
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NURUL MAHRUZAH YULIA
Date Deposited: 10 Jun 2023 03:51
Last Modified: 10 Jun 2023 03:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
YULIA, NURUL MAHRUZAH
NIDN0722079501
Author
SUTTRISNO, SUTTRISNO
NIDN0717069401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item
View Item