Uddin, Ahmad Muthi’ and Fathoni, Anang and Samsuri, Mahmud (2022) Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru di Era Industri 4.0. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (4). pp. 455-461. ISSN e-ISSN 2810-0417 p-ISSN 2810-0786
5. Urgensi Kecerdasan Interpersonal.pdf
Download (346kB)
Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru di Era Industri 4.0.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berkembang pesatnya teknologi informasi di era industri 4.0 tentu turut menggeser aktivitas manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Di dunia pendidikan, guru perlu melakukan sinkronisasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di era industri 4.0. Kunci utama dalam sinkronisasi ini muncul dalam kompetensi guru untuk dapat menjalin hubungan interpersonal dengan peserta didik, pendidik lain, orang tua, dan masyarakat pendidikan. Sehingga kapasitas guru dalam kecerdasan interpersonal perlu diasah dan disesuaikan dengan zamannya. Oleh karena itu, tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan urgensi kecerdasan interpersonal bagi guru di era industri 4.0. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian literature review. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa karakteristik sample secara sistematis menggunakan sumber berupa buku dan artikel. Prosedur penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu 1) menentukan topik kajian; 2) mengumpulkan informasi dari berbagai sumber; 3) melakukan klasifikasi referensi yang sesuai dengan topik kajian; 4) melakukan sintesis referensi yang relevan; 5) menuliskan hasil sintesis. Hasil studi ini menunjukkan bahwa 1) kecerdasan interpersonal menjadi bagian penting bagi guru sebagai dasar interaksi antara guru dengan siswa, teman sejawat, orang tua siswa, kepala sekolah, pemegang kebijakan, pemerhati pendidikan, dan masyarakat pendidikan; 2) kecerdasan interpersonal dan intrapersonal memiliki kaitan satu dengan yang lain; 3) komunikasi guru dan siswa di era industri 4.0. terjadi di ruang kelas dan ruang virtual melalui sosial media; 4) guru perlu mengikuti perkembangan teknologi informasi sebagai media untuk belajar dan berkomunikasi dengan peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal, Guru-Siswa, Kompetensi Guru, Industri 4.0 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 25 May 2023 01:46 |
Last Modified: | 25 May 2023 01:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Uddin, Ahmad Muthi’ NIDN0000000000 Author Fathoni, Anang NIDN0000000000 Author Samsuri, Mahmud NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2552 |