MUSTAFIDAH, NURUL (2009) PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK DISIPLIN BELAJAR ANAK DI SMPN I BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2009_NURUL MUSTAFIDAH (1).pdf
Download (31MB)
Abstract
Pendidikan bukan hanya menyampaikan ketrampilan yang sudah dikenal, akan tetapi harus dapat meramalkan berbagai jenis ketrampilan dan kemahiran yang bakan datang, dan sekaligus menemukan cara yang tepat dan cepat supaya dapat dikuasai oleh anak didik Pendidikan kepramukaan adalah pendidikan extrakuler yang diberikan diluar jam pelajaran. Jadi pendidikan ini tidak masuk pada mata pelajaran pada umumnya, karena pendidikan hanyalah pendidikan tambahan yang diberikan oleh guru kepada anak didik yang fungsinya untuk memberikan bimbingan-bimbingan dan pengarahan untuk menjadi manusia yang disiplin dan mempunyai sikap yang lebih dewasa. Kepramukaan ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang sasaran akhimya pembentukan watak, akhlaq dan budi pekerti luhur. Dengan pendidikan kepramukaan manusia akan di bimbing, diarahkan untuk memiliki sifat-sifat dan watak kedisiplinan, karena disiplin adalah sesuatu yang terletak di dalam hati dan di dalam jiwa, yang memberi dorongan bagi orang yang bersangkutan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu sebagaimana di tetapkan oleh norma dan peraturan yang berlaku Jasi pendidikan kepramukaan adalah suatu proses pembinaan dan pengembangan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas kecakapan yang dimiliki peserta didik, baik dia sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat. Dari berbagai uraian latar belakang tersebut diatas penulis mempunyai kemauan yang kuat untuk mengetahuinya dengan mengadakan penelitian yang berjudul "Pengaruh Pendidikan Kepramukaan dalam Membentuk Disiplin Belajar anak di SMPN I Balen Bojonegoro". Dari latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya Pertama: Bagaimanakah pendidikan kepramukaan anak di SMPN I Balen Bojonegoro? Kedua: Bagaimanakah disiplin belajar anak di SMPN I Balen I Bojonegoro? Ketiga: Adakah pengaruh pendidikan kepramukaan dalam membentuk disiplina belajar anak di SMPN I Balen I Bojonegoro? Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitiannya adalah Pertama: Untuk mengetahui pendidikan kepramukaan anak di SMPN I Balen Bojonegoro. Kedua: Untuk mengetahui disiplin belajar anak di SMPN I Balen I Bojonegoro. Ketiga: Mengetahui ada tidaknya pendidikan kepramukaan dalam membentuk disiplina belajar anak di SMPN I Balen I Bojonegoro. Dari hasil analisa dengan menggunakan perhitungan korelasi product moment diperoleh hasil sebesar 0,876. hasil ini lebih besar bila dibandingan dengan nilai r dalam table product moment baik pada taraf signifikansi 5 % (0,361) maupun taraf signifikansi 1 % (0,436). Karena ro lebih besar dari rt, dengan demikian hipotesa alternatifny diterima. Dengan demikian dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa pendidikan kepramukaan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam membentuk disiplin belajar anak di SMPN I Balen Bojonegoro.". Karena hasil penghitungan peneliti (0,876) lebih besar dari nilai "r" tabel product moment 5% (0,361) dan 1 % (0,436) secara umum "diterima".
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan kepramukaan, disiplin |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 16 May 2023 01:38 |
Last Modified: | 16 May 2023 01:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AHMAD, BADARUDDIN NIDN0000000000 Thesis advisor YUSUF, ANAS NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2525 |