PENGARUH MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR PADA SDN BARENG III KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

AINI, NURUL (2009) PENGARUH MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR PADA SDN BARENG III KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_NURUL AINI.pdf] Text
2009_NURUL AINI.pdf

Download (24MB)

Abstract

Pengajaran Agama Islam di SDN Bareng III yang telah berjalan cukup baik dengan ditandainya prestasu belajar yang baik supaya dipertahankan dan ditingkatkan baik dalam bentuk perbakan dalam perencanaan mengajarnya, penggunaan metode mengajar, media mengajar maupun pendekatannya, dan bila perlu untuk siswa yang prestasinya sudah diadakan pendekatan individual, dicari dan dibantu pemecahan kesulitan belajarnya. Perilaku siswa yang tergolong rata-rata cukup baik di SDN Bareng III tersebut terus saja dibina dan diarahkan sebab di samping kondisi mental anak yang terkandung masih labil juga perkembangan lingkungan yang terkadang kurang kondusif bisa merusak perilaku siswa, sedang untuk anak-anak yang perilakunya kurang bila perlu di adakan studi khusus dan juga alangkah baiknya pembinaan individu dengan melakukan komunikasi integratif pada berbagai pihak termasuk orang tuanya. Adanya pengaruh posotof Agama Islam terhadap perilaku siswa supaya pengajaran Agama Islam terus dipertahankan keberhasilannya di SDN Bareng III tersebut terutama dalam kaitannya dengan pembentukan perilaku siswa mengingat pembentukan moralutas sangatlah penting dalam pembentukan kepribadian siswa. Supaya terus diciptakan swasana kondusif bagi terjalinnya interaksi positif dan dinamis dalam lingkungan SDN Bareng III tersebut sehingga terus terjaganya moralitas perilaku positif dengan baik. Bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran Agama Islam di SDN Bareng III Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro telah berjalan dengan baik hal ini sesuai dengan perolehan mean dan IPK dan hasil evaluasi sumatif siswa yaitu 72 dimana menurut kualifikasi Wayan Nurkancana sebagaimana dikutip di depan adalah tergolong tinggi. Bahwa perilaku siswa SDN Bareng III adalah cukup baik hal ini sesuai dengan hasil skore angket tentang perilaku dengan rata-rata (mean) = 9 I dan IPK = 75,8 yang juga tergolong pada kualifikasi cukup tinggi. Terdapat korelasi positif yang signifikan yang berarti terdapat pengaruh positif antara mata pelajaran Agama Islam terhadap penlaku suswa SDN Bareng III dengan demukuan semakun bauk prestasu belajar Agama Islam semakin berdampak baik pula perilaku siswa SDN tersebut dan semakin menurun prestasinya menurun pula nilai perilaku siswa. Hal ini terlihat pada perolehan skore rxy yakni 0,68 dimana nilai tersebut bila dikonsultasikan pada tabel r product moment untuk N = 48 di situ terdapat angka 0,368 untuk taraf signifikansi 1% Dan 0,284 untuk tara f s1g111fikans1 5% maka 111la1 rxy yang diperoleh adalah lebih besar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: mata pelajaran agama islam, perilaku siswa
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 May 2023 02:17
Last Modified: 12 May 2023 02:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AHMAD, BADARUDDIN
NIDN0000000000
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item
View Item