PENERAPAN TEST FORMATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN SENDANGHARJO KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO

MUNSRIATI, MUNSRIATI (2009) PENERAPAN TEST FORMATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN SENDANGHARJO KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_MUNSRIATI.pdf] Text
2009_MUNSRIATI.pdf

Download (40MB)

Abstract

Berdasarkan pembahasan teoritis dan empiris yang penulis kemukakan pada bab - bab terdahulu, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Test formatif Agama Islam merupakan alat untuk mengetahui materi Agama Islam, setelah disampaikan oleh guru dalam bentuk program satuan pelajaran sesuai dengan tujuan instruksional khusus. Bentuk - bentuk test fonnatif Agama Islam seperti test lisan, test tulis dan test tindakan merupakan alat untuk mengetahui tingkatan pemahaman murid terhadap materi Agama Islam sesuai dengan program yang ditentukan. 2. Dengan adanya test formatif Agama Islam, maka timbullah peningktan motivasi belajar, dimana motivasi belajar terdiri dari motivasi intrinsik, yang meliputi adanya kebutuhan, adanya kemampuan sendiri, adanya aspirasi / cita - cita. Juga terdiri dari motivasi ektrinsik yang meliputi: ganjaran, hukuman, persaingan atau kompetisi. Penerapan test formatif materi Agama Islam pada siswa SDN Sendangharjo Kecarnatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro adalah dilaksanakan secara rutin dan teratur sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan kurikulum SD 1995 yang telah disempurnakan, yaitu dilaksanakan setiap kali pertemuan setelah selesai penyajian satuan pelajaran, masih dalam waktu alokasi pertemuan tersebut. 3. Penerapan test formatif materi Agama Islam dengan peningkatan motivasi belajar Agama Islam, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan test formatif berfungsi dalam peningkatan motivasi belajat Agama Islam. Dengan demikian test formatif materi Agama Islam sangat penting untuk diterapkan secara teratur dan konsekwen, sehingga dapat menjadi pendorong para siswa untuk lebih giat dalam belajar Agarna Islam demi keberhasilan studi dan peningkatan mutu para siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: meningkatkan motivasi belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 May 2023 03:39
Last Modified: 08 May 2023 03:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AHMAD, BADARUDDIN
NIDN0000000000
Thesis advisor
SYAIFUDDIN, M.
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2504

Actions (login required)

View Item
View Item