HUBUNGAN ANTARA MORAL KERJA GURU DENGAN MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI SMP ISLAM DARUSSALAM SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

AZIZ, MUKTADIR (2009) HUBUNGAN ANTARA MORAL KERJA GURU DENGAN MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI SMP ISLAM DARUSSALAM SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_MUKTADIR AZIZ.pdf] Text
2009_MUKTADIR AZIZ.pdf

Download (48MB)

Abstract

Hubungan antara moral kerja guru dengan meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Islam Darussalam Sumberejo Kabupaten Bojonegoro dengan kesimpulan sebagai berikut: 1. Moral kerja guru adalah suasana batin atau reaksi emosional. mental guru terhadap aktivitas pada saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dimana suasana batin atau reaksi emosional tersebut merupakan perasaan senang atau tidak senang, bergairah atau tidak bergairah. bersemangat atau tidak bersemangat dalam melakukan kegiatan mutu pendidikan agama Islam. 2. Bahwa tingkat mutu pendidikan agama Islam di SMP Islam Darussalam Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro dapat dikatakan baik, karena ditunjang oleh berbagai faktor yang kiranya sangat membantu dalam pengernbangan proses peningkatan mutu pendidikan agama Islam antara lain kesiapan dalam mengajar dari guru-gurunya. penggunaan metode dalam mengajar atau menyampaikan materi pelajaran serta evaluasi terhadap para siswa setiap pertemuan bagik sebelum memberikan pelajaran atau sesudah memberikan pelajaran juga sudah terlaksana dengan baik. 3. Tinggi rendahnya moral kerja guru sangat berpengaruh pada produktifitas kerja yang dapat dicapai oleh seorang petugas dalam bidang kerja tertentu. Moral kerja yang tinggi dari karyawan pendidikan termasuk guru-guru dimanifestasikan pada kreatifitas dan inisiatif dalam melaksanakan pekerjaan. 4. Bahwa moral kerja ada hubungan dengan meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Islam Darussalam Sumbenejo Kabupaten Bojonegoro adalah dapat dibenarkan. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil analisa dengan angka 0.423 yang berarti lebih tinggi dari “r” tabel dalam signifikansi 5% (0.396) namun dalam signifikansi 1 % (0,505) lebih tinggi dari r observasi yang berarti terdapat hubungan yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: moral kerja guru, mutu pendidikan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 May 2023 03:38
Last Modified: 08 May 2023 03:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MUNIB, MOH.
NIDN0000000000
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item
View Item